Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

Mandi Malam Sebabkan Paru-paru Basah, Mitos atau Fakta?

Silfa Humairah Utami
Mandi Malam Sebabkan Paru-paru Basah, Mitos atau Fakta?
Ilustrasi mandi malam. (Shutterstock)

Benarkah mandi malam bisa sebabkan paru-paru basah?

Suara.com - Mandi Malam Sebabkan Paru-paru Basah, Mitos atau Fakta?

Usai kelelahan menjalani aktifitas, mandi malam sebelum tidur tentu menyegarkan.

Namun, mandi di malam hari sering diyakini sebagai penyebab paru-paru basah.

Benarkah kebiasaan ini dapat menyebabkan paru-paru basah? Cari tahu jawabannya dalam ulasan berikut.

Sebelum mencari tahu benar tidaknya rumor bahaya mandi malam ini, ada baiknya ketahui dulu apa itu paru-paru basah.

Paru-paru basah (efusi pleura) adalah kondisi pleura paru-paru yang berisi banyak cairan. Pleura itu sendiri adalah selaput tipis yang membungkus paru-paru dan bagian dalam rongga dada.

Selaput ini bertugas sebagai pelumas untuk memudahkan paru-paru agar bisa bergerak dengan mulus ketika Anda bernapas. Itu sebabnya selaput ini sedikit berair atau “basah”. Namun, jika pleura terlalu basah atau kelebihan cairan, tentu akan menyebabkan sejumlah gejala.

Beberapa penyakit atau gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan pleura kelebihan cairan diantaranya dilansir Hello Sehat:

1. Komplikasi bedah jantung
2. Emboli paru
3. Penyakit ginjal
4. Infeksi virus dan bakteri seperti pneumonia atau tuberkulosis
5. Penyakit autoimun seperti lupus atau rematik (rheumatoid arthritis)
6. Penyakit hati seperti sirosis
7. Gagal jantung kongestif
8. Kanker paru atau limfoma

Paru-paru basah bisa dibilang merupakan masalah kesehatan yang sangat umum. Diperkirakan ada sekitar 1 juta kasus paru-paru basah setiap tahunnya.

Kondisi ini pun dapat dialami oleh siapa saja. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Meski begitu, perempuan diketahui lebih rentan mengalami paru-paru basah dibanding laki-laki.

Sampai saat ini tidak ada bukti penelitian ilmiah yang membuktikan mandi malam dapat menyebabkan paru-paru basah.

Udara malam hari memang cenderung lebih dingin dan menusuk. Namun, paru-paru basah hanya bisa disebabkan oleh infeksi atau penyakit lain yang mungkin sudah diderita sebelumnya.

Pada malam hari, suhu udara cenderung lebih dingin. Ini membuat risiko terjadinya infeksi paru-paru dapat meningkat. Pasalnya, udara dingin dapat membuat saluran pernapasan Anda kering sehingga lebih rentan terinfeksi.

Namun faktor ini saja tidak cukup untuk membuat seseorang mengalami infeksi paru-paru. Masih banyak faktor lain yang terlibat. Misalnya daya tahan tubuh dan riwayat penyakit sebelumnya.

Dari penjelasan tersebut diketahui bahwa mandi malam bukan penyebab utama paru-paru basah. Sebenarnya, mandi malam malah menawarkan banyak manfaat kesehatan, lho!

Salah satunya membuat Anda lebih cepat tidur nyenyak. Setelah seharian beraktivitas, guyuran air dapat memberikan efek kesegaran sehingga membuat tubuh dan pikiran Anda lebih rileks. Sehabis mandi, Anda pun akan merasakan sensasi dingin. Nah, sensasi dingin inilah yang mendorong Anda untuk tidur lebih cepat.

Mandi di malam hari juga membantu meningkatkan sirkulasi darah untuk menjaga suhu tubuh yang ideal. Paparan suhu dingin juga dapat memicu sistem perdarahan untuk mengurangi peradangan di dalam tubuh.

Selain itu, mandi malam hari juga dapat membantu mencegah timbulnya jerawat dan masalah kulit lainnya. Ya, sehabis seharian beraktivitas, tubuh Anda pasti dipenuhi keringat, debu, dan bakteri.

Ketika mandi di malam hari, setidaknya saat tidur tubuh Anda sudah dalam keadaan bersih. Dengan begitu, Anda tak perlu takut muncul jerawat secara tiba-tiba di pagi hari.

Jadi paru-paru basah dipicu banyak hal, bukan karena mandi malam hari yang belum bisa dibuktikan secara penelitian. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS