Baik untuk Kesehatan, Letakkan Tanaman Hias dalam Ruangan Mulai Sekarang

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati
Baik untuk Kesehatan, Letakkan Tanaman Hias dalam Ruangan Mulai Sekarang
Tanaman lidah mertua (pexels/Fabian Stroobants)

Tanaman hias tak sekadar hiasan.

Suara.com - Bunga maupun tanaman hias yang diletakkan dalam ruangan mampu membawa suasana berbeda. Tak hanya soal visual, meletakkan tanaman hias di dalam ruangan juga baik untuk kesehatan.

Seperti yang kita ketahui, tanaman tidak hanya menyegarkan udara, tetapi juga menghilangkan racun berbahaya karena menyerap karbondioksia.

Melansir dari NBC News, penelitian ekstensif oleh NASA telah mengungkapkan bahwa tanaman hias dapat menghilangkan hingga 87 persen racun udara dalam 24 jam.

Penelitian juga telah membuktikan bahwa tanaman dalam ruangan meningkatkan konsentrasi dan produktivitas hingga 15 persen,

Selain itu, tanaman hias juga bisa mengurangi tingkat stres dan meningkatkan suasana hati.

Pameran Tanaman Hias [Suara.com/Firsta]
Pameran Tanaman Hias [Suara.com/Firsta]

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Complementary Therapies In Medicine juga menunjukkan hal serupa. Penelitian itu dilakukan pada orang-orang yang baru saja menjalani operasi dan hasilnya sangat mengejutkan.

Dalam studi tersebut, 90 pasien dibagi menjadi dua, sebagian di kamar dengan tanaman, sebagian lagi di kamar tanpa tanaman. Hasilnya, mereka yang memiliki bunga segar di kamarnya menunjukkan tekanan darah menurun, detak jantung yang lebih rendah, serta perasaan positif dibanding mereka yang tidak memiliki bunga atau tanaman di kamar.

Ilustrasi lidah mertua (Pixabay/KatiaMaglogianni)
Ilustrasi lidah mertua (Pixabay/KatiaMaglogianni)

Dengan demikian, tanaman hias merupakan benda sempurna untuk tidak hanya diletakkan di rumah tetapi juga di ruang kerja kantor.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS