Paru Rusak Akibat Polusi Udara dan 2 Berita Kesehatan Viral Lainnya

Ririn Indriani
Paru Rusak Akibat Polusi Udara dan 2 Berita Kesehatan Viral Lainnya
Ilustrasi polusi udara mengganggu kesehatan paru. (Shutterstock)

Hasil penelitian menemukan kerusakan paru akibat polusi udara ternyata setara dengan sebungkus rokok.

Suara.com - Kualitas udara di Jakarta yang buruk, karena polusi udara sempat menjadi tajuk utama beberapa pekan ke belakang. Melalui aplikasi pemantau kualitas udara, diketahui Jakarta termasuk 10 besar kota dengan kualitas udara terburuk di dunia.

Inilah yang menjadi alasan mengapa Suara.com menyuguhkan artikel menarik tentang penelitian terbaru yang menyebutkan bahwa kerusakan paru-paru akibat polusi udara setara dengan sebungkus rokok.

Tak kalah menarik adalah dua berita yang tengah viral, yaitu pembantu yang mencekoki bayi 4 bulan dengan obat tidur dan video syur 3 in 1 Vina Garut yang dikupas dari sisi kesehatan.

Ya, obat tidur yang dicampur dalam susu, lalu diminum bayi tentu saja bisa membahayakan kesehatan bahkan nyawa sang bayi. Begitu pula dengan hubungan seks 3 in 1 Vina Garut yang juga bisa berisiko bagi kesehatan reproduksi perempuan.

Ketiga berita yang sedang menjadi topik hangat tersebut, menarik untuk diketahui. Berikut rangkumannya yang dihimpun Suara.com.

1. Kerusakan Paru-paru Akibat Polusi Udara Setara dengan Sebungkus Rokok
Penelitian terbaru yang dilakukan University of Washington, Columbia University dan University of Buffalo menyebut bahaya kerusakan paru-paru akibat polusi udara setara dengan merokok 20 batang atau satu bungkus rokok per hari.

Polusi udara di Ibukota Jakarta (Suara.com/ Peter Rotti)
Polusi udara di Ibukota Jakarta (Suara.com/ Peter Rotti)

Dalam penelitian yang diterbitkan di Journal of American Medical Association tersebut, para peneliti melihat bagaimana paparan empat zat polusi berbahaya akan memengaruhi kesehatan paru-paru.

Penelitian dilakukan kepada 7.071 orang dewasa berusia 45 hingga 84 tahun yang tinggal di enam kota Amerika.Ingin mengetahui lanjutan dari penelitian ini? Baca selengkapnya.

2. Viral Pembantu Cekoki Bayi 4 Bulan Obat Tidur, Padahal Bisa Berujung Fatal!
Kasus pembantu memberi obat tidur ke dalam susu bayi 4 bulan tengah viral di media sosial. Pembantu tersebut sengaja memberi obat tidur jenis cetirizine pada bayi 4 bulan agar tertidur pulas.

Bayi 4 bulan yang dicekoki obat tidur oleh pembantunya (Instagram/@febevierza912)
Bayi 4 bulan yang dicekoki obat tidur oleh pembantunya (Instagram/@febevierza912)

Hal ini diungkap oleh Vierza Belinna yang juga merupakan ibu dari bayi 4 bulan tersebut melalui Instagram-nya. Vierza mengakui bahwa anaknya memang sering tertidur pulas setiap kali ia pulang kerja.

Awalnya ia tidak pernah curiga sampai suatu ketika anaknya tidak terbangun semalaman. Saat itu ia baru mengetahui bahwa pembantunya telah memberi campuran obat cetirizine ke dalam susu anaknya.

Lantas, apa itu cetirizine dan apa risikonya bila dikonsumsi bayi? Baca selengkapnya.

2. Viral Video 3 in 1 Vina Garut, Ini Bahayanya bagi Kesehatan Perempuan
Kasus video syur 3 in 1 Vina garut sedang ramai di media sosial, kini sedang dalam penanganan Satreskrim Polres Garut.

Ilustrasi seorang lelaki sedang merekam diriya sendiri dan pasangan ketika sedang bercumbu. [Shutterstock]
Ilustrasi video syur yang viral. [Shutterstock]

Perempuan yang membintangi video tersebut sudah ditetapkan sebagai tersangka. Status ini ditetapkan setelah keduanya diperiksa secara intensif dan melakukan gelar perkara.

Hubungan seks 3 in 1 tentu bisa berisiko bagi kesehatan perempuan? Meski tidak ada batasan dalam jumlah melakukan hubungan intim, tetapi menurut Diana Bitner, seorang OB-GYN pada Women's Health Magazine via Insider, bisa memicu masalah fisik yang membuat perempuan tidak nyaman di kemudian hari. Apa saja? Baca selengkapnya.

Itulah 3 berita kesehatan yang menarik untuk Anda ketahui.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS