Akibat Salah Minum Obat, 17 Bayi di Spanyol Derita Sindrom Manusia Serigala

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Akibat Salah Minum Obat, 17 Bayi di Spanyol Derita Sindrom Manusia Serigala
Serigala. [Shutterstock]

Belasan bayi di Spanyol menderita sindrom manusia serigala akibat salah minum obat.

Suara.com - Sebanyak 17 anak di Spanyol menderita kondisi langka yang dikenal sebagai hipertrikosis atau sindrom manusia serigala.

Penyakit langka itu menyebabkan pertumbuhan rambut yang abnormal dan lebat di wajah 17 anak tersebut. Hal ini tentu membuat semua orangtua mereka panik.

Mulanya, beberapa orangtua sudah memperhatikan pertumbuhan rambut yang abnormal pada bayi mereka sejak bulan Juni 2019.

Saat itu mereka berpikir rambut yang tumbuh di seluruh tubuh anaknya adalah efek obat omeprazole, obat untuk refluks lambung.

Penyelidikan oleh Badan Obat dan Alat Kesehatan, dilansir dari USA Today, menemukan bahwa salah satu produsen di Spanyol, Farma-Quimica Sur teledor meletakkan obat dengan kandungan minoxidil di wadah berlabel omeprazole.

Ilustrasi bayi menderita kelainan langka (Pixabay/3194556)
Ilustrasi bayi menderita kelainan langka (Pixabay/3194556)

Akibatnya, 17 anak-anak tersebut secara tidak sengaja menelan bahan aktif minoxidil yang disangka omeprazole untuk mengobati mulas.

Belasan anak yang sudah berkali-kali menelan bahan aktif itu pun mengalami hipertrikosis. Hal ini menyebabkan pertumbuhan rambut abnormal pada dahi, pipi, lengan hingga kakinya.

Sindrom manusia serigala atau hipertrikosis yang ditandai dengan kelebihan produksi rambut di seluruh tubuh ini sendiri belum diketahui proses terjadinya.

Ilustrasi bayi. (Shutterstock)
Ilustrasi bayi. (Shutterstock)

Tetapi, penyakit langka ini dipercaya dapat menurun secara genetik. Contohnya, seorang anak laki-laki dengan hipertrikosis di India dan gadis Bangladesh dengan penderitaan seperti ini.

Dalam kasus ini, sindrom manusia serigala akibat menelan minoxidil hanya bersifat sementara dan akan hilang ketika sudah diobati.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS