Idap kanker Payudara, Ayah Beyonce Ikut Kampanye Pentingnya Deteksi Dini

M. Reza Sulaiman | Risna Halidi
Idap kanker Payudara, Ayah Beyonce Ikut Kampanye Pentingnya Deteksi Dini
Mathew Knowles (kiri), ayah dari Beyonce Knowles, terserang kanker payudara. (Shutterstock)

Siapa sangka, ayah Beyonce Knowles ternyata aktif mengampanyekan pentingnya deteksi dini kanker payudara.

Suara.com - Idap kanker Payudara, Ayah Beyonce Ikut Kampanye Pentingnya Deteksi Dini

Mathew Knowles, ayah dari dua diva pop dunia, Beyonce dan Solange Knowles, didiagnosis menderita kanker payudara pada awal tahun 2019 ini.

Lelaki berusia 67 tahun tersebut diundang dalam acara Good Morning America dan mengaku 'baik-baik saja' setelah menjalani operasi pengangkatan kanker pada bulan Juli 2019 lalu. Mathew Knowles juga sempat bercerita, ia sempat pergi ke dokter setelah melihat ceceran darah berulang pada baju yang ia kenakan dan seprai.

"Dari semua hal yang bisa saya dapatkan, mengapa saya mendapatkan ini (kanker payudara)?" kata Mathew dalam acara GMA beberapa waktu lalu.

Faktanya, kanker payudara pada laki-laki memang sangat jarang terjadi dan biasanya terjadi pada laki-laki di atas udia 60 tahun. Karena itu, Mathew Knowles mengatakan bahwa selama sisa hidupnya dia akan memandang dunia secara berbeda.

"Hal-hal yang dulu penting tidak penting bagi saya sekarang," urainya.

Mathew Knowles adalah seorang mantan salesman Xerox. Ia mulai terkenal setelah menelurkan grup musik Destiny's Child, girlband yang menjadi pijakan putri sulungnya, Beyonce menjadi bintang dunia saat ini. Mathew juga mengelola karier solonya hingga 2011.

ilustrasi kanker payudara
ilustrasi kanker payudara. (Shutterstock)

Saat ini, Mathew lebih banyak fokus mengampanyekan pentingnya kesadara deteksi dini penyakit kanker payudara baik bagi laki-laki maupun perepuan.

"Saya ingin melanjutkan dialog tentang kesadaran dan deteksi dini, laki-laki atau perempuan. Kunci untuk masalah ini adalah deteksi dini. Laki-laki biasanya merahasiakannya, karena merasa malu dan tidak ada alasan untuk itu."

Kanker payudara pada laki-laki jauh lebih jarang terjadi. Di Inggris, 319 laki-laki didiagnosis menderita kanker payudara pada tahun 2017. Bandingkan dengan sekitar 46.000 perempuan pada waktu yang sama.

Tanda-tanda kanker payudara pada laki-laki dapat mencakup benjolan pada payudara, puting susu berputar ke dalam dan adanya cairan mengalir dari puting.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS