Kanker Payudara Stadium Awal, Eks Permaisuri Jepang Michiko Jalani Operasi

Rendy Adrikni Sadikin | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Kanker Payudara Stadium Awal, Eks Permaisuri Jepang Michiko Jalani Operasi
Kaisar Jepang, Akihito, berjalan bersama istrinya Michiko sebelum memasuki kereta cepat, Sabtu (20/8/2016), saat hendak berangkat dari Stasiun Tokyo, guna menjalani kunjungan ke Prefektur Nagano dan Gunma. [Kazuhiro Nogi/AFP]

Saat ini Michiko berusia 84 tahun.

Suara.com - Mantan permaisuri Jepang Shoda Michiko menjalani operasi, Minggu (8/9/2019), setelah didiagnosis kanker payudara stadium awal.

Kabar tentang kondisi wanita 84 tahun itu disampaikan oleh Badan Rumah Tangga Kekaisaran.

Michiko diperasi sesuai jadwal, yakni pada Minggu pagi, di rumah sakit Universitas Tokyo, seperti dikutip dari The Guardians.

Menurut media setempat, operasi akan berlangsung selama beberapa jam, dan hasilnya akan segera diumumkan Kekaisaran Jepang.

Michiko dikenal sebagai orang awam pertama di Jepang yang menikah dengan ahli waris kekaisaran, Akihito.

Ia mengenyam pendidikan di sekolah khusus perempuan Christian Sacred Heart, lalu melanjutkan ke jenjang perkuliahan untuk jurusan sastra Inggris.

Moderenisasi monarki, yang selama ini sangat terikat dengan tradisi, membuat nama Akihito dan Michiko lebih dikenal orang.

Karena kerap mendekatkan diri ke publik, keduanya pun mendapat makin banyak dukungan dari rakyat.

Michiko dan suaminya juga menjadi idaman rakyat Jepang karena selalu aktif mengunjungi korban bencana, terutama setelah tsunami pada 2011, yang menghancurkan sebagian besar Jepang timur.

Pernikahan Akihito dan Michiko dianugerahi dua putra dan satu putri: Kaisar Naruhito, Pangeran Akishino, dan Sayako Kuroda.

Pada April lalu, Akihito secara resmi mengundurkan diri. Ia adalah kaisar pertama yang turun tahta dalam sejarah monarki tertua di dunia itu, setelah 200 tahun lalu.

Sebelum Michiko dioperasi, Akihito dan Sayako Kuroda, mantan putri yang meninggalkan rumah tangga kerajaan untuk menikahi rakyat jelata, mengunjungi rumah sakit untuk mendampingi Michiko.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS