No Bra Day, Benarkah Tak Pakai BH Justru Bikin Payudara Lebih Kencang?

Vika Widiastuti
No Bra Day, Benarkah Tak Pakai BH Justru Bikin Payudara Lebih Kencang?
No Bra Day [Twitter]

Ketahui manfaat lainnya tak pakai bra!

Suara.com - Oktober dikenal sebagai Bulan Kesadaran Kanker Payudara. Pada bulan ini juga, tepatnya tanggal 13 Oktober diperingati sebagai No Bra Day atau hari tanpa bra.

Meski masih terdengar tabu, tak biasa, atau bahkan disebut 'payudara akan melorot', tak menggunakan bra sebenarnya mendatangkan beberapa manfaat untuk kesehatan.

Seperti dilansir dari bustle, berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika memilih tak pakai bra.

1. Mengurangi rasa nyeri

Meski bergantung pada apakah Anda memasang bra dengan benar atau tidak, pergi tanpa menggunakan bra bisa membantu meredakan rasa sakit.

"Bra yang ketat bisa menyebabkan nyeri tulang rusuk, punggung, dan leher," terang Dr. Anuradha Seshadri, Dokter Penyakit Dalam di UCLA Health kepada Bustle.

Ilustrasi bra. (Shutterstock)
Ilustrasi bra. (Shutterstock)

2. Lebih nyaman

Wanita dengan payudara kecil mungkin akan merasa lebih nyaman dan bergerak lebih mudah saat tidak mengenakan bra. Namun, wanita dengan payudara besar tidak akan nyaman. "Namun, itu kembali pada ukuran, gaya, dan kenyamanan, tetapi lebih pada individualitas dan keragaman wanita," terang Patricia Geraghty, direktur medis kesehatan wanita di Comprehensive Wellness, California.

3. Ahli sebut pakai bra sebenarnya tidak terlalu bermanfaat

Profesor Jean-Denis Roullion dari University of Franche-Comté telah melakukan penelitian selama 15 tahun tentang efek bra pada payudara dalam periode waktu tersebut. Ia mengungkapkan, mengenakan bra tidak memberikan manfaat, baik secara medis, fisiologis, dan anatomis.

3. Payudara jadi lebih kencang

Dalam studi yang sama, Roullion menemukan bahwa tidak menggunakan bra justru membuat payudara wanita lebih kuat. Efek jangka panjang tak mengenakan bra bahkan menunjukkan lebih banyak jaringan otot yang tumbuh untuk memberikan dukungan alami. "Tubuh harus menggunakan otot-otot dada untuk membangkitkan jaringan payudara melawan gravitasi."

4. Sirkulasi darah lebih baik

Tidak mengenakan bra memungkinkan darah mengalir lebih mudah di sekitar dada hingga membantu dalam membangun jaringan otot serta menjaga kulit tetap kencang.

Namun, Geragthy mengatakan, jika Anda pilih untuk tetap memakai bra, hal itu bukan masalah yang serius. "ketika bra meninggalkan tanda merah pada titik tekanan di sekitar tulang rusuk atau di bahu, ini menunjukkan efek pada sirkulasi permukaan kulit dan tidak akan menyebabkan konsekuensi kesehatan negatif pada wanita yang sehat," terangnya.

Ilustrasi bra. (Shutterstock)
Ilustrasi bra. (Shutterstock)

5. Kulit lebih bersih

Tidak memakai bra ternyata lebih sehat dan mengurangi risiko infeksi."Kotoran dan keringat yang menumpuk di bawah (bra, -red) dapat menyebabkan infeksi kulit dan jerawat," terang Dr. Seshadri.

6. Tidur lebih baik

Jika Anda seorang yang memakai bra untuk tidur, Anda mungkin akan merasa lebih 'terbatasi', seperti diungkapkan oleh Dr. Seshadri.

7. Jika Anda lebih nyaman memakai bra, lakukanlah

"Sebagai besar wanita dengan payudara besar memakai bra karena alasan kenyamanan," kata Geraghty. Namun, pastikan Anda menggunakan bra yang tepat.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS