Tanggulangi Stunting, Wapres Ma'ruf Amin Beberkan Langkah Pemerintah

M. Reza Sulaiman | Ria Rizki Nirmala Sari
Tanggulangi Stunting, Wapres Ma'ruf Amin Beberkan Langkah Pemerintah
Ma'ruf Amin sebut pemerintah serius atasi masalah stunting. (Antara)

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebut pemerintah akan menanggapi serius perihal permasalahan stunting yang terjadi di Indonesia.

Suara.com - Tanggulangi Stunting, Wapres Ma'ruf Amin Beberkan Langkah Pemerintah

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebut pemerintah akan menanggapi serius perihal permasalahan stunting dan kemiskinan yang terjadi di Indonesia. Dikatakan Ma'ruf Amin, stunting merupakan penghambat sumber daya manusia (SDM) di Indonesia untuk bisa bersaing di kancah internasional.

Kepada wartawan usai rapat bersama dengan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, Ma'ruf Amin menyebut pemerintah menargetkan penurunan angka stunting hingga di bawah 20 persen.

"Kita membangun Indonesia SDM yang unggul, itu tentu juga harus bebas dari stunting, atau paling tidak kita turunkan dari yang sekarang masih 27 koma sekian persen, untuk kita turunkan sampai kalau bisa kurang dari 20 persen," ujarnya di Kantor Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Jumat (1/11/2019).

Dikatakan Ma'ruf Amin, penanggulangan stunting dilakukan secara lintas sektor. Sehingga bukan hanya Kementerian Kesehatan yang bertanggung jawab, tapi juga Pemerintah Daerah, Kementerian Sosial, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Desa, Bappenas, dan lain-lain.

Anggaran pemerintah untuk penanggulangan stunting pun menurutnya sudah cukup besar, yakni Rp 60 triliun. Dengan koordinasi antara kementerian dan lembaga yang baik, diharapkan penurunan angka stunting pun bisa terjadi dengan signifikan.

"Kita bersama bappenas, menteri dalam negeri, menteri kesehatan, nanti akan melakukan koordinasi kerja bareng, tidak sendiri-sendiri, tidak sektoral. Tapi kerja yang terintegrasi, sehingga sasarannya supaya bisa tercapai," ujarnya.

"Kemudian juga kita akan terus melakukan evaluasi dan monitoring terhadap hasil-hasil yang nanti per periode bisa diketahui dampaknya, impactnya, yang dihasilkan kerja yang kita lakukan," tutup Ma'ruf.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS