Adik Barbie Kumalasari Derita Tumor Payudara, Apa Penyebabnya?

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Adik Barbie Kumalasari Derita Tumor Payudara, Apa Penyebabnya?
Barbie Kumalasari [Sumarni/Suara.com]

Barbie Kumalasari baru-baru ini menceritakan bahwa adiknya yang berusia 21 tahun sedang menderita tumor payudara dan sudah 10 kali operasi.

Suara.com - Kabar kurang baik datang dari Barbie Kumalasari. Baru-baru ini, ia menceritakan tentang kondisi kesehatan adiknya dalam channel Youtube Jessica Iskandar.

Barbie Kumalasari menceritakan bahwa adiknya yang berusia 21 tahun sedang menderita tumor payudara. Bahkan, tumor payudara adiknya sudah ada 4 biji sehingga membuat Barbie Kumalasari merasa sangat sedih.

"Baru tiga hari ini, adikku masuk rumah sakit dan baru tadi siang pulang dari rumah sakit. Karena, di payudaranya numbuh tumor ada empat biji dan usianya masih 21 tahun," kata Barbie Kumalasari.

Barbie Kumalasari juga mengatakan bahwa adiknya sudah menjalani 10 kali operasi tumor payudara.

"Sebenarnya tahun lalu itu sudah sempat operasi dan dibuang juga, tapi masih ada satu. Sekarang ada empat, jadi ada lima kan. Nah, kemarin di bulan Desember itu ada lima dan dioperasi di kanan sama kiri. Jadi, total sudah 10 kali operasi," jelasnya.

Ilustrasi tumor payudara (shutterstock)
Ilustrasi tumor payudara (shutterstock)

Melansir dari medicinenet.com, tumor payudara atau benjolan payudara dapat disebabkan oleh infeksi, cedera, pertumbuhan non-kanker dan kanker. Umumnya, kanker payudara biasanya tidak menimbulkan rasa sakit pada payudara.

Gejala kanker payudara termasuk benjolan menyakitkan di sekitar payudara, puting, dan radang kulit payudara. Tetapi, kemungkinan bahwa benjolan payudara tertentu bisa menyebabkan kanker tergantung pada banyak faktor, termasuk riwayat medis, pemeriksaan fisik, genetik dan lainnya.

Satu-satunya cara untuk memastikan benjolan atau tumor payudara itu bersifat kanker dengan cara mengambil sampel jaringan (biopsi).

Ilustrasi kanker payudara. (Dok : Istimewa)
Ilustrasi kanker payudara. (Dok : Istimewa)

Adapun beberapa penyebab seseorang memiliki benjolan atau tumor payudara, antara lain:

1. Kanker payudara

Benjolan di sekitar payudara bisa jadi gejala kanker payudara yang termasuk penyebab kematian wanita.

2. Infeksi

Peradangan jaringan payudara atau mastitis yang terjadi pada ibu menyusui juga bisa menyebabkan infeksi lalu muncul benjolan di sekitar payudara.

3. Cedera payudara

Payudara yang trauma akibat pembuluh darah kecil pecah bisa menyebabkan pendarahan lokal lalu mengakibatkan benjolan payudara.

4. Pertumbuhan non-kanker

Ada banyak pertumbuhan non-kanker yang menyebabkan benjolan di sekitar payudara seperti fibroadenoma, kista payudara dan perubahan fibrokistik.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS