Viral Penampakan Usus Bengkak karena Penuh Gas, Penyakit Apa?

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Viral Penampakan Usus Bengkak karena Penuh Gas, Penyakit Apa?
Ilustrasi usus (shutterstock)

Seorang dokter menunjukkan penampakan usus bengkak penuh angin karena pasiennya menderita suatu penyakit.

Suara.com - Postingan tentang usus besar atau bengkak sedang viral di media sosial Twitter. Penampakan usus besar itu diunggah oleh dr. Gia Pratama melalui akun Twitternya @GiaPratamaMD.

Dokter Gia menjelaskan bahwa foto itu adalah usus besar yang dipenuhi oleh gas. Kondisi ini terjadi karena usus terpuntir di segmen descenden sehingga penderitanya tidak bisa buang angin atau kentut.

"Ini adalah usus besar yang penuh dengan gas, karena terpuntir di segmen descenden, dalam sebuah kondisi yang disebut volvulus. Ga usah menunggu kaya, bisa kentut lega setiap hari tanpa hambatan sudah merupakan kenikmatan yang pantas kita syukuri," tulis dr. Gia Pratama di Twitter.

Melalui unggahan tersebut, dr. Gia Pratama menegaskan bahwa menahan kentut sangat tidak baik. Tetapi, penyebab kondisi ini bukan karena penderita tidak bisa kentut, melainkan volvulus yang membuat orang susah kentut.

Usus bengkak karena volvulus yang menyebabkan tidak bisa kentut (Twitter/@GiaPratamaMD)
Usus bengkak karena volvulus yang menyebabkan tidak bisa kentut (Twitter/@GiaPratamaMD)

Melansir dari Medical News Today, volvulus terjadi ketika bagian dari usus besar atau kecil melilit abnormal. Kondisi ini menyebabkan usus tersumbat lalu berdampak pada suplai darah ke area usus hingga komplikasi parah.

Karena itu, volvulus membutuhkan penanganan medis cepat. Jika tidak, bagian usus yang tidak menerima cukup darah akan mati. Pada orang dewasa volvulus biasanya terjadi di usus besar dan usus kecil bagi penderita anak-anak.

Pada bayi, volvulus usus halus lebih sering terjadi karena malrotasi. Kondisi ini terjadi ketika usus menetap di tempat yang salah sehingga menyebabkan usus melilit atau tersumbat.

Penyebab volvulus pada orang dewasa bisa meliputi antara lain:

  • Usus besar yang membesar
  • Perut yang timbul setelah operasi, cedera atau infeksi
  • Penyakit usus besar, seperti hirschsprung
  • Usus besar yang tidak menempel di dinding perut
  • Koneksi sempit di pangkal usus besar
  • Sembelit kronis
  • Kehamilan

Adapun faktor lain yang menyebabkan seseorang berisiko mengalami volvulus, yakni berjenis kelamin pria, berusia lebih dari 60 tahun dan tinggal di panti jompo atau fasilitas perawatan jangka panjang.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS