Catat! 4 Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari saat Minum Obat

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Catat! 4 Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari saat Minum Obat
Daun selada. (Shutterstock)

Ternyata tidak semua minuman dan makanan sehat bisa dikonsumsi saat minum obat, contohnya beberapa minuman dan makanan ini.

Suara.com - Tidak semua orang bisa mengonsumsi obat dengan minum air putih. Biasanya mereka memilih alternatif minum obat sambil mengonsumsi makanan pendamping, seperti pisang, roti dan lainnya.

Padahal makanan tertentu tidak baik jika dikonsumsi bersama obat. Karena beberapa makanan dan obat bisa menimbulkan efek samping serius.

Melansir dari The Healthy, berikut ini makanan yang tidak seharusnya dikonsumsi bersama obat, antara lain:

1. Antibiotik dan susu

Antibiotik dalam keluarga kuinolon, seperti cipro dan levaquin, berikatan dengan kalsium dan zat besi. Jadi hindari susu dan suplemen yang mengandung zat besi maupun makanan ketika meminum obat ini.

Menurut Jeff McClusky, pengawas farmasi dengan Sistem Kesehatan Harris di Houston, Texas, minuman dan makanan tinggi zat besi bisa menghalangi penyerapan obat-obatan, produk-produk ini. Sehingga membuat antibiotik tidak efektif dan membiarkan infeksi Anda tidak diobati.

Ilustrasi susu. (Pixabay)
Ilustrasi susu. (Pixabay)

2. Obat pengencer darah dan selada

Vitamin K dalam jumlah tinggi dari makanan seperti kangkung, selada, brokoli dan buncis, bisa menjadi ancaman bagi Anda yang mengonsumsi warfarin pengencer darah. Menurut Howard Weintraub, MD, direktur klinis dari Pusat Universitas New York, fluktuasi kadar vitamin K dalam tubuh Anda dapat menonaktifkan warfarin. Cobalah mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K dalam jumlah yang konsisten setiap minggu, tetapi selalu periksa dengan dokter Anda.

3. Obat kolesterol dan jus jeruk

Jus jeruk bali bisa menghambat sistem enzim yang digunakan tubuh untuk memetabolisme obat penurun kolesterol. Artinya, obat penurun kolesterol tersebut tidak bisa bekerja dengan baik jika diminum bersama jus jeruk bali. Bahkan Anda lebih baik menghindari jus buah apapun selama minum obat kolesterol.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS