Sedih! Ibu Positif Corona Covid-19, Bayi Prematur Usia 1 Hari Meninggal

M. Reza Sulaiman | Shevinna Putti Anggraeni
Sedih! Ibu Positif Corona Covid-19, Bayi Prematur Usia 1 Hari Meninggal
Ilustrasi bayi meninggal dunia (Pexels)

Seorang bayi yang masih berusia 1 hari dari persalinan prematur meninggal dunia setelah sang ibu dinyatakan positif virus corona Covid-19. Sedih!

Suara.com - Sedih! Ibu Positif Corona Covid-19, Bayi Prematur Usia 1 Hari Meninggal

Seorang bayi lahir prematur yang berusia 1 hari di Louisiana meninggal dunia pada Senin (6/4/2020). Sebelumnya, ibu dari bayi itu sempat menjalani perawatan medis di rumah sakit karena mengalami gejala virus corona Covid-19.

Para ahli pun mempertimbangkan bahwa kematian bayi prematur itu berkaitan dengan virus corona Covid-19, mengingat sang ibu positif terinfeksi sebelum melahirkan.

Saat ini kondisi sang ibu masih dalam perawatan medis dengan alat bantu ventilator. Dr. William "Beau" Clark, Koroner Paroki Baton Rouge Timur, mengatakan sang ibu sempat mengalami gejala sesak napas dan demam.

"Sayangnya, ia yang terinfeksi dalam kondisi hamil membuatnya harus menjalani persalinan prematur. Persalinan prematur yang ekstrem itulah membuat bayinya meninggal dunia," kata Clark dikutip dari Fox News.

Clark juga menjelaskan bahwa bayi prematu ritu belum sempat menjalani tes corona Covid-19. Tetapi, semua ahli dan dokter yang menangani telah sepakat bahwa kematian bayi itu terkait virus corona Covid-19 dari ibunya.

Ilustrasi bayi sakit (Pexels)
Ilustrasi bayi baru lahir (Pexels)

Karena, anak itu lahir ketika usia kehamilan ibunya masih di bawah 22 minggu. Persalinan prematur ini juga terjadi akibat infeksi virus corona Covid-19.

"Seandainya dia tidak positif corona Covid-19, dia tidak memerlukan ventilator, dia tidak sesak napas dan hipoksia terkait virus. Kemungkinan dia tidak akan mengalami persalinan prematur dan kondisinya akan jauh berbeda dari sekarang yang terjadi," kata Clark.

Clark mengatakan ini adalah kasus pertama ibu hamil melahirkan prematur dan bayinya meninggal akibat virus corona Covid-19 di Louisiana. Tetapi, kasus serupa juga terjadi di negara bagian lainnya.

Clark mengatakan Paroki Baton Rouge Timur sudah ada 27 kasus kematian akibat virus corona Covid-19. Kematian bayi baru lahir prematur ini mestinya mengingatkan semua orang pentingnya mematuhi sarah ahli kesehatan.

"Ini adalah poin yang seharusnya kita semua perhatikan pentingnya karantina, menjaga jarak sosial dan isolasi mandiri," jelasnya.

Ibu hamil memang termasuk salah satu orang yang paling berisiko terhadap infeksi virus corona Covid-19. Meskipun dampak infeksi virus corona Covid-19 pada ibu hamil masih sedikit.

Tapi, banyak ahli memercayai bahwa infeksi virus corona Covid-19 pada ibu hamil bisa memicu persalinan prematur. Hal ini pun nyata terjadi pada bayi usia 1 hari yang lahir prematur dan meninggal dunia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS