Survei: Warga Amerika Lebih Khawatir Penyakit Menular daripada Nuklir

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Survei: Warga Amerika Lebih Khawatir Penyakit Menular daripada Nuklir
Ilustrasi penanganan pasien covid-19 di Amerika Serikat (VOA Indonesia)

Penyakit menular adalah masalah yang lebih besar bagi warga Amerika daripada terorisme, senjata nuklir, serangan dunia maya dan perubahan iklim.

Suara.com - Warga Amerika Serikat (AS) mengatakan penyebaran penyakit menular merupakan ancaman terbesar bagi negara. Hal tersebut dilaporkan melalui survei dari Pew Research Center yang diterbitkan Senin (13/4/2020).

"Hampir semua orang dewasa AS, 98 persen mengatakan ini meskipun masih menjadi ancaman kecil, sementara sekitar delapan dari sepuluh orang atau 79 persen menyebut wabah penyakit sebagai ancaman utama bagi negara," tulis para penulis survei.

Melansir dari Business Insider, virus corona di AS melampaui 580.000 kasus dengan kematian mencapai 23.500 kasus. Lebih dari 10 persen dari tenaga kerja yang telah menjadi pengangguran.

Hal tersebut membuat warga Amerika semakin khawatir tentang risiko Covid-19 dan penyakit menular lainnya di mana berdampak pada kesehatan dan kesejahteraan negara.

Tahun 2014, ketika virus Ebola menyebar ke berbagai negara di Afrika Barat telah menyebabkan 11 kasus di AS. Pada saat itu, 52 persen orang Amerika mengatakan mereka memandang wabah penyakit sebagai ancaman utama.

Ketika Pew menyurvei orang pada akhir Maret tahun 2020, jumlah kekhawatiran melonjak menjadi 79 persen.

Seorang perempuan bermasker melintasi poster tulisan terkait pandemi virus corona yang tertempel di sebuah restoran di San Francisco, California, 1 April 2020. (Foto: AFP/Josh Edelson)
Seorang perempuan bermasker melintasi poster tulisan terkait pandemi virus corona yang tertempel di sebuah restoran di San Francisco, California, 1 April 2020. (Foto: AFP/Josh Edelson)

Pada survei itu juga mendapat kesimpulan, bahwa penyakit menular adalah masalah yang lebih besar bagi orang Amerika daripada terorisme, senjata nuklir, serangan dunia maya dan perubahan iklim.

Terorisme, penyebaran senjata nuklir dan serangan siber yang disponsori negara masing-masing dipandang oleh sekitar tiga perempat orang Amerika sebagai ancaman utama. Sementara sekitar 60 persen mengatakan hal yang sama tentang perubahan iklim.

Tetapi hampir delapan dari sepuluh mengatakan penyakit menular merupakan ancaman besar, mencerminkan bagaimana virus corona telah sangat memengaruhi kehidupan manusia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS