Turunkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat? Makan Saja Buah Blueberry

M. Reza Sulaiman, Fita Nofiana

Jum'at, 08 Mei 2020 | 17:30 WIB
Turunkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat? Makan Saja Buah Blueberry
Ilustrasi blueberry untuk turunkan tekanan darah tinggi. (Shutterstock)

Suara.com - Turunkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat? Makan Saja Buah Blueberry

Di Indonesia, prevalensi hipertensi meningkat dari tahun 2013 ke 2018, dilihat dari survei Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). Riskesdas 2013 menunjukkan hipertensi memiliki prevalensi 25,8 persen, angka ini naik tajam di Riskesdas 2018, yakni 34,1 persen.

Tekanan darah tinggi awalnya sering kali tidak disadari, sehingga Anda perlu mencegah sebelum penyakit tersebut benar-benar datang.

Dilansir dari Express, ada beberapa buah-buahan yang baik dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi, salah satunya adalah blueberry.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang makan blueberry setiap hari mengalami peningkatan yang signifikan dalam tekanan darah sistolik dan diastolik setelah delapan minggu.

Pakar kesehatan terkemuka percaya itu adalah nutrisi dalam blueberry yang membantu melunakkan tekanan darah dengan meningkatkan kadar enzim yang membantu mengendurkan pembuluh darah.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Gerontology Series A menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi 200 gram blueberry setiap hari selama sebulan mengalami peningkatan  fungsi pembuluh darah.

Hasilnya menunjukkan penurunan tekanan darah sistolik.

Ilustrasi tekanan darah tinggi [pixabay]
Ilustrasi tekanan darah tinggi [pixabay]

Para peneliti dari King’s College London mempelajari 40 sukarelawan sehat selama satu bulan dan diberikan minuman yang mengandung blueberry.

baca juga

Para peneliti mengamati darah, urin, tekanan darah, dan pelebaran yang dimediasi oleh aliran arteri brakialis yang merupakan ukuran bagaimana arteri melebar saat aliran darah meningkat.

Tekanan darah partisipan berkurang sebesar 5mmHg, mirip dengan apa yang biasa terlihat dalam penelitian dalam penggunaan obat tekanan darah.

"Jika perubahan yang kita lihat dalam fungsi pembuluh darah setelah makan blueberry setiap hari dapat dipertahankan untuk seumur hidup seseorang, itu bisa mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular hingga 20 persen, ” kata Dr .Ana Rodriguez-Mateos, dari departemen ilmu gizi di King's College London.

The American Heart Association menambahkan, bahwa untuk menjaga tekanan darah Anda juga perlu memerhatikan pola makan.

“Biasakan membaca label makanan untuk membantu Anda memilih makanan dengan lebih bijak. Perhatikan makanan yang memiliki lemak jenuh atau lemak stan, faktor yang dapat meningkatkan kolesterol Anda," kata pihak The American Heart Association.

“Makan makanan yang tinggi sodium bisa meningkatkan tekanan darah. Umumnya, semakin tinggi asupan garam Anda, semakin tinggi tekanan darah Anda," tambahnya.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Selain Stroberi, Inilah 7 Buah Beri yang Paling Menyehatkan

Selain Stroberi, Inilah 7 Buah Beri yang Paling Menyehatkan

Health | Jum'at, 08 Mei 2020 | 06:00 WIB

Orang Darah Tinggi Berisiko Infeksi Corona Covid-19, Ini Cara Mengatasinya

Orang Darah Tinggi Berisiko Infeksi Corona Covid-19, Ini Cara Mengatasinya

Health | Rabu, 22 April 2020 | 14:29 WIB

Cegah Hipertensi, Ini 8 Makanan untuk Jaga Tekanan Darah Tetap Normal

Cegah Hipertensi, Ini 8 Makanan untuk Jaga Tekanan Darah Tetap Normal

Health | Selasa, 14 April 2020 | 18:15 WIB

Terkini

HUT RI 2026 Diprediksi Padat, Polisi Buka 27 Kantong Parkir di Monas, GBK, hingga Ancol

HUT RI 2026 Diprediksi Padat, Polisi Buka 27 Kantong Parkir di Monas, GBK, hingga Ancol

Jakarta | Senin, 17 Agustus 2026 | 04:50 WIB

Liburan Agustus Lebih Hemat! Ada Diskon di Wisata Nako Pasir Angin Bareng BRI

Liburan Agustus Lebih Hemat! Ada Diskon di Wisata Nako Pasir Angin Bareng BRI

Bri | Minggu, 16 Agustus 2026 | 23:52 WIB

Satgas Galapana DPR RI ke Ruteng, Kumpulkan Menteri hingga Bos BUMN untuk Tangani Korban Gempa

Satgas Galapana DPR RI ke Ruteng, Kumpulkan Menteri hingga Bos BUMN untuk Tangani Korban Gempa

News | Minggu, 16 Agustus 2026 | 23:16 WIB

Bangunan Dapur MBG di Muara Enim Jadi Sasaran Maling, Motor dan Ponsel Raib

Bangunan Dapur MBG di Muara Enim Jadi Sasaran Maling, Motor dan Ponsel Raib

Sumsel | Minggu, 16 Agustus 2026 | 22:52 WIB

Pasar Murah HUT RI Digelar di 5 Kecamatan Palembang, Ada Diskon Belanja Rp10 Ribu

Pasar Murah HUT RI Digelar di 5 Kecamatan Palembang, Ada Diskon Belanja Rp10 Ribu

Sumsel | Minggu, 16 Agustus 2026 | 22:40 WIB

Kado Anniversary Sempat Bikin Mahalini Kesal, Rizky Febian Bongkar Rencana Rahasianya

Kado Anniversary Sempat Bikin Mahalini Kesal, Rizky Febian Bongkar Rencana Rahasianya

Entertainment | Minggu, 16 Agustus 2026 | 22:39 WIB

Apakah Serum Vitamin C Boleh Dipakai Malam Hari? Ini Waktu Terbaik Agar Glowing Maksimal

Apakah Serum Vitamin C Boleh Dipakai Malam Hari? Ini Waktu Terbaik Agar Glowing Maksimal

Lifestyle | Minggu, 16 Agustus 2026 | 22:02 WIB

Review Skintific 2% Salicylic Acid, Serum Ampuh Bikin Jerawat Meradang Langsung Kempes

Review Skintific 2% Salicylic Acid, Serum Ampuh Bikin Jerawat Meradang Langsung Kempes

Lifestyle | Minggu, 16 Agustus 2026 | 21:46 WIB

73 Hotspot Terpantau di Kalsel, Kemenhut Dorong Verifikasi Dini Karhutla

73 Hotspot Terpantau di Kalsel, Kemenhut Dorong Verifikasi Dini Karhutla

Kaltim | Minggu, 16 Agustus 2026 | 21:45 WIB

Apresiasi Pidato Prabowo, Jubir PSI: Pertumbuhan Ekonomi Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

Apresiasi Pidato Prabowo, Jubir PSI: Pertumbuhan Ekonomi Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

Jabar | Minggu, 16 Agustus 2026 | 21:36 WIB

×