Tak Perlu Perawatan Medis, 5 Langkah Ini Bisa Menyamarkan Selulit!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Tak Perlu Perawatan Medis, 5 Langkah Ini Bisa Menyamarkan Selulit!
Ilustrasi kulit selulit (Sumber: Shutterstock)

Beberapa langkah sederhana bisa membantu menyamarkan selulit dan tentunya murah.

Suara.com - Selulit memang bukan kondisi yang parah, tetapi ini bisa merusak penampilan seorang wanita. Karena itu, seseorang akan melakukan berbagai jenis perawatan untuk menyamarkan selulit.

Sebanyak 93 persen wanita yang memiliki selulit. Dr Edwin Anthony, dokter estetika dan ahli kulit, mengatakan selulit adalah kulit kendur yang ditarik ke bawah kantong lemak menuju lapisan kulit yang lebih dalam.

"Kamu tidak bisa menghilangkan selulit tetapi kamu tentu bisa menyamarkannya," jelas Edwin dikutip dari Mirror.

Berikut ini 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk menyamarkan selulit tanpa perawatan kulit mahal.

1. Minum banyak air

Minum banyak air dan konsumsi makanan dengan kadar air tinggi membantu tubuh tetap terhidrasi. Pada akhirnya, tubuh yang terhidrasi akan menjaga kulit terlihat sehat, jaringan ikat yang kuat dan lentur serta menyamarkan selulit.

Ilustrasi minum air. (Shutterstock)
Ilustrasi minum air. (Shutterstock)

2. Mandi air panas dan dingin

Mandi dengan suhu air panas dan dingin secara bergantian bisa melebarkan pembuluh darah, lalu menghasilkan efek pemompaan pembuluh darah yang kuat.

Begitu pula kulit yang bereaksi dengan cara hampir sama. Karena itu, Anda bisa mencobanya mandi dengan air dingin selama 30 detik hingga 2 menit, lalu beralih dan ulangi lagi sebanyak 5 kali.

3. Kurangi asupan gula

Kue, makanan penutup, koktail hingga minuman bersoda adalah makanan serta minuman yang tinggi gula. Padahal gula adalah penyebab utama selulit.

Sehingga makan terlalu banyak gula bisa mengurangi jumlah kolagen dalam tubuh yang bisa menyebabkan penuaan serta kulit kendur.

Ilustrasi perempuan memiliki selulit (Shutterstock)
Ilustrasi perempuan memiliki selulit (Shutterstock)

4. Olahraga teratur

Kurang olahraga adalah penyebab terbesar kulit longgar. Karena itu, luangkan sedikit waktu untuk berolahraga.

Meskipun tidak ada olahraga khusus untuk menghilangkan selulit, tetapi ada jenis latihan fisik tertentu yang lebih baik daripada lainnya.

"Semakin tinggi detak jantung Anda, makan semakin banyak Anda kehabisan napas dan banyak kalori terbakar. Pada akhrinya akan menyusutkan selulit," jelasnya.

5. Makan jeruk, lemon dan anggur

Ketiga jenis buah-buahan ini memiliki kandungan vitamin C tinggi yang membantu meningkatkan produksi kolagen. Sehingga buah-buahan ini akan membantu menjaga jaringan ikat tetap kuat.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS