Ortu Kesulitan PDKT dengan Anak Pendiam? Coba Cari Tahu dan Lakukan Hal Ini

Risna Halidi | Dini Afrianti Efendi
Ortu Kesulitan PDKT dengan Anak Pendiam? Coba Cari Tahu dan Lakukan Hal Ini
Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)

Setiap anak memang unik, memiliki kriteria dan cirinya masing-masing, termasuk karakter anak yang pendiam dan pemalu.

Suara.com - Setiap anak memang unik, memiliki kriteria dan cirinya masing-masing, termasuk karakter anak yang pendiam dan pemalu.

Hanya saja, anak yang pendiam dan pemalu merupakan kepribadian anak yang pasti susah-susah gampang untuk bisa didekati dan berkomunikasi dengannya.

Psikolog Anak dan Pendidikan, Nabila Dian Nirmala mengatakan langkah pertama yang perlu dilakukan orangtua untuk mendekati anak pendiam yaitu dengan mencaritahu sudah cukupkah pengalaman, pelajaran atau pengetahuan yang diterima anak?

"Perlu kita soroti adalah yang masuk sudah cukup banyak belum ya. Input-an pengetahuan kemudian, peristiwa ataupun tentang emosi itu sudah banyak yang masuk ke dalam otak belum, sudah banyak dialami anak atau belum," ujar Dian dalam diskusi dalam peluncuran kampanye #SayItWithOreo, Rabu (1/7/2020).

Ia mengatakan jika input yang didapatkan anak seperti pengalaman, gagal, jatuh bangun, maka proses komunikasi pendidikannya bakal lebih mudah.

Bahkan itu bisa menjadi modal anak lebih percaya diri untuk melakukan kegiatan apapun di kemudian hari.

"Anak sudah menjumpai banyak pengalaman, di situ biasanya anak akan lebih mudah akan lebih percaya diri untuk bisa mengungkapkannya. Tanpa kita harus repot untuk memancing anak cerita," paparnya.

Jadi intinya, memberikan anak pengalaman menarik akan membuat anak bisa lebih aktif berkegiatan dan berkembang lebih cepat. Tentu saja sesuai dengan passion dan hobi yang menarik minatnya, sehingga anak melewatinya dengan bahagia.

"Jadi anak juga gak mau dipancing-pancing, cukup memberikan ruang kepada mereka untuk bisa menambah pengalaman mereka berekspresi. Kemudian memang baru lanjutannya adalah kita mengevaluasi dari hasil pengalaman anak. Apa sih yang dia rasakan, apa yang dia dapatkan, dan apa yang kemudian diberikan pesan sesekali buat anak," tutupnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS