Studi: Vitamin D Bisa Turunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Yasinta Rahmawati, Fita Nofiana

Senin, 13 Juli 2020 | 13:51 WIB
Studi: Vitamin D Bisa Turunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Suara.com - Manfaat vitamin D untuk kesehatan tulang memang sudah dikenal. Sebuah studi baru di Brazil menunjukkan bahwa vitamin D juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga menurunkan kadar glukosa dan risiko diabetes tipe 2

Dilansir dari Science Daily, penelitian ini diterbitkan secara online dalam jurnal The North American Menopause Society (NAMS).

Studi ini menunjukkan hubungan yang jelas antara vitamin D dan kontrol glikemik, menunjukkan bahwa vitamin D meningkatkan sensitivitas insulin dan meningkatkan fungsi sel beta pankreas. 

Dalam studi cross-sectional ini yang melibatkan 680 wanita Brasil berusia 35 hingga 74 tahun berusaha mengevaluasi kemungkinan hubungan antara kekurangan vitamin D dan peningkatan glikemia.

Dari para wanita yang diwawancarai, 24 (3,5 persen) melaporkan menggunakan suplemen vitamin D. Suplemen vitamin D ditemukan berhubungan negatif dengan kadar glukosa tinggi. 

Ilustrasi suplemen vitamin D. (Shutterstock)
Ilustrasi suplemen vitamin D. (Shutterstock)

Kebiasaan terkena paparan sinar matahari juga memberikan hubungan yang sama. Hal ini menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D terkait dengan kadar glukosa darah tinggi.

"Meskipun hubungan sebab akibat belum terbukti, kadar vitamin D yang rendah mungkin memainkan peran penting dalam diabetes mellitus tipe 2," kata Dr. JoAnn Pinkerton, direktur eksekutif NAMS. 

"Suplemen vitamin D dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah, tetapi studi intervensi masih diperlukan," imbuhnya. 

Selain vitamin D, penelitian yang lebih baru menyatakan bahwa untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2, Anda juga bisa mengonsumsi banyak buah dan sayur. 

baca juga

Sebuah studi menunjukkan, makan buah dan sayur bisa kurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 25 persen. Studi tersebut diterbitkan dalam The BMJ pada Rabu (8/7/2020). 

Dilansir dari Medical Xpress, temuan menunjukkan bahwa jika hanya menambahkan sedikit berbagai jenis makanan tersebut di menu harian Anda, maka akan membantu mencegah diabetes tipe 2.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Pasien Covid-19 Ini Meninggal Dunia Setelah Ditolak 3 Rumah Sakit

Pasien Covid-19 Ini Meninggal Dunia Setelah Ditolak 3 Rumah Sakit

Health | Minggu, 12 Juli 2020 | 18:00 WIB

Kelelahan Bisa Jadi Tanda Gula Darah Tinggi, Apa Penyebabnya?

Kelelahan Bisa Jadi Tanda Gula Darah Tinggi, Apa Penyebabnya?

Health | Sabtu, 11 Juli 2020 | 19:45 WIB

Penasaran Gak Sih, Apa Beda Obat yang Diminum Sebelum dan Setelah Makan?

Penasaran Gak Sih, Apa Beda Obat yang Diminum Sebelum dan Setelah Makan?

Health | Jum'at, 10 Juli 2020 | 21:15 WIB

Terkini

Beli Produk Nespresso Pakai BRI Bisa Hemat Rp750 Ribu

Beli Produk Nespresso Pakai BRI Bisa Hemat Rp750 Ribu

Bri | Selasa, 11 Agustus 2026 | 22:35 WIB

InJourney & Garuda Indonesia Kolaborasi: Gratiskan 170.845 Tiket Domestik Bagi Wisatawan Mancanegara

InJourney & Garuda Indonesia Kolaborasi: Gratiskan 170.845 Tiket Domestik Bagi Wisatawan Mancanegara

Bisnis | Selasa, 11 Agustus 2026 | 22:27 WIB

InJourney & Garuda Indonesia Perkuat Konektivitas dan Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia

InJourney & Garuda Indonesia Perkuat Konektivitas dan Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia

Bisnis | Selasa, 11 Agustus 2026 | 22:21 WIB

Kasus PETI Kuansing, Polisi Sita Ratusan Gram Perhiasan di Toko Emas Kampar

Kasus PETI Kuansing, Polisi Sita Ratusan Gram Perhiasan di Toko Emas Kampar

Riau | Selasa, 11 Agustus 2026 | 21:47 WIB

Transisi Energi Berwajah Hijau Jadi Modus Baru Perampasan Ruang Hidup

Transisi Energi Berwajah Hijau Jadi Modus Baru Perampasan Ruang Hidup

News | Selasa, 11 Agustus 2026 | 21:31 WIB

Korupsi Tak Cukup Dibalas Tangkap: Kejar Uang, Jaringan, dan Penikmatnya

Korupsi Tak Cukup Dibalas Tangkap: Kejar Uang, Jaringan, dan Penikmatnya

News | Selasa, 11 Agustus 2026 | 21:19 WIB

Senpi Dinas Diduga Dipakai Mantan Istri Bunuh Diri, Bripka Iman Harefa Resmi Masuk Patsus

Senpi Dinas Diduga Dipakai Mantan Istri Bunuh Diri, Bripka Iman Harefa Resmi Masuk Patsus

News | Selasa, 11 Agustus 2026 | 21:15 WIB

Dua Biodigester Bakal Dibangun di Jakarta Utara, Dapat Hasilkan Energi dan Pupuk Organik

Dua Biodigester Bakal Dibangun di Jakarta Utara, Dapat Hasilkan Energi dan Pupuk Organik

News | Selasa, 11 Agustus 2026 | 21:13 WIB

PTBA Perkuat Kemandirian Ekonomi Warga Lahat lewat Budidaya Ayam Petelur

PTBA Perkuat Kemandirian Ekonomi Warga Lahat lewat Budidaya Ayam Petelur

Sumsel | Selasa, 11 Agustus 2026 | 21:09 WIB

Tak Mau Berpolitik Tanpa Data, Megawati Sebut Riset dan Sains Vital bagi Pergerakan Partai

Tak Mau Berpolitik Tanpa Data, Megawati Sebut Riset dan Sains Vital bagi Pergerakan Partai

News | Selasa, 11 Agustus 2026 | 21:08 WIB

×