Dokter Top AS Sebut Sepuluh Juta Vaksin Akan Tersedia Awal 2021

Bimo Aria Fundrika
Dokter Top AS Sebut Sepuluh Juta Vaksin Akan Tersedia Awal 2021
Ilustrasi Vaksin Covid-19 (getty image)

Fauci mengatakan mungkin ada satu miliar dosis vaksin tersedia pada akhir 2021.

Suara.com - Pembuat obat kemungkinan akan memiliki puluhan juta dosis vaksin virus corona pada awal tahun depan, ungkap Anthony Fauci, pejabat tinggi penyakit menular AS dilansir dari New York Post.

Fauci mengatakan mungkin ada satu miliar dosis vaksin tersedia pada akhir 2021, dan dia berharap dunia bisa melewati pandemi yang telah merenggut lebih dari 700.000 nyawa di seluruh dunia saat itu, dengan bantuan vaksin.

Ilustrasi vaksin Covid-19. (Shutterstock)
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Shutterstock)

Menteri Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan A.S. Alex Azar mengatakan bulan lalu A.S. akan memiliki ratusan juta dosis vaksin pada awal tahun 2021.

Tujuan tersebut hanya mungkin karena pembuat obat telah setuju untuk memproduksi persediaan vaksin mereka dalam jumlah besar. Bahkan sebelum mereka tahu apakah obat itu bekerja untuk menghemat waktu.

"Pemerintah federal telah meletakkan lebih dari satu telur di keranjang," kata Fauci. “Kami memiliki portofolio yang cukup komprehensif yang selanjutnya akan menjalani uji klinis.”

Dia mengatakan mungkin ada indikasi bahwa setidaknya satu vaksin berfungsi dan aman pada akhir tahun.

"Saya sangat optimis bahwa kami akan memiliki vaksin yang cukup efektif untuk disetujui," katanya.

Itu tidak akan terjadi karena adanya tekanan agar vaksin tersedia tepat waktu untuk pemilihan presiden 3 November, katanya. Regulator kesehatan telah berjanji "mereka tidak akan membiarkan pertimbangan politik mengganggu" kebutuhan untuk memberikan vaksin Covid-19 yang aman, kata Fauci.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS