Virus Corona Mungkin Tidak Akan Hilang Sepenuhnya dari Bumi, Ini Sebabnya

Rima Sekarani Imamun Nissa | Fita Nofiana
Virus Corona Mungkin Tidak Akan Hilang Sepenuhnya dari Bumi, Ini Sebabnya
Ilustrasi Pandemi Covid-19 (pexels)

Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular Amerika Serikat, Anthony Fauci menyebutkan bahwa virus corona mungkin tidak akan hilang sepenuhnya.

Suara.com - Covid-19 mungkin tidak akan pernah bisa diberantas sepenuhnya. Namun, berbagai upaya yang dilakukan pemerintah mungkin bisa mengendalikan lajunya. 

Rabu (5/8/2020) kemarin, Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular Amerika Serikat, Anthony Fauci menyebutkan, tingkat penularan yang begitu cepat membuat virus corona mungkin akan sulit untuk diberantas sepenuhnya dari bumi. 

"Kita mungkin harus melaluinya di musim ini dan kemudian pada musim depan, jika kita memiliki vaksin di kemudian hari, virus corona tidak akan lagi menjadi pandemi dan tidak akan melumpuhkan dunia, serta tidak akan menghancurkan ekonomi," kata Fauci, seperti yang dikutip dari CNN.

Fauci mengatakan Amerika Serikat dapat mengatasi virus dengan vaksin potensial dan berbagai prosedur kesehatan seperti penggunaan masker, cuci tangan, dan menerapkan jarak sosial.

"Vaksin terus berkembang dengan harapan dapat menjangkau publik pada tahun 2021, kita harus mengendalikan virus corona hingga ke titik terendah," kata Fauci. 

Direktur Institut Alergi dan Penyakit Menular Nasional AS, Anthony Fauci [AFP]
Direktur Institut Alergi dan Penyakit Menular Nasional AS, Anthony Fauci [AFP]

Sebelumnya, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menyatakan bahwa mungkin tidak ada senjata ampuh untuk melawan virus corona. Hal tersebut ia sampaikan lewat akun resmi Twitter WHO pada Senin (3/8/2020) lalu.

"Sejumlah vaksin sekarang dalam uji klinis fase 3 dan kami semua berharap memiliki vaksin efektif yang dapat membantu mencegah infeksi virus corona," tulis Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan pada konferensi pers. 

"Namun, tidak ada peluru perak saat ini (untuk melawan Covid-19) dan mungkin tidak akan pernah ada," tambahnya.

Melansir dari Huffpost, Tedros kemudian mendesak masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan demi mengindari penularan wabah.

Ia juga meminta agar pemerintah melakukan berbagai strategi seperti pelacakan kontak, isolasi, perawatan, dan pembatasan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS