Selain Karies, Ini Masalah Gigi yang Sering Dialami Anak

Vania Rossa | Lilis Varwati
Selain Karies, Ini Masalah Gigi yang Sering Dialami Anak
ilustrasi anak sakit gigi [shutterstock]

Sakit gigi juga bisa dialami oleh anak-anak, lho.

Suara.com - Sakit gigi umum dialami siapa saja, bahkan anak-anak sekalipun. Anak-anak rentan mengalami kerusakan gigi akibat mereka sangat sering makan permen dan jarang membersihkannya.

Itu sebabnya, tak heran kalau salah satu kerusakan gigi paling umum yang dialami anak-anak adalah karies lubang gigi.

"Tandanya, awalnya gigi warna putih. Kemudian berkembang kekuningan, makin coklat, lalu bisa menghitam," jelas spesialis dokter gigi drg. Rio Jonas M.Kes dalam siaran langsung Instagram, Jumat (14/8/2020).

Saat gigi sudah menghitam, biasanya akan muncul rasa sakit saat menyikat gigi terlalu dalam, lanjut Rio. Selain itu, menurut Rio, anak-anak juga sering mengeluh mengalami food impaction atau makanan yang terjebak di antara gigi. Biasanya kondisi itu terjadi karena kurang bersih saat menyikat gigi.

Anak juga bisa juga mengalami karies botol susu. Rio mengingatkan bahwa anak yang dibiasakan minum susu sebagai pengantar tidur, lambat laun bisa mengalami kerusakan gigi.

"Susu itu asam. Setelah beberapa waktu, dia akan jadi makanan bakteri. Lama-lama kalau dibiarkan, rusak giginya," ucapnya.

Ia menyarankan agar sebaiknya susu diganti menjadi air mineral biasa atau diusahakan anak dibuat kenyang saat hendak tidur, sehingga tidak perlu minum susu sebelum tidur dan bisa membersihkan gigi terlebih dahulu.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS