Studi Ini Jelaskan Mengapa Wanita Lebih Rentan Terkena Penyakit Autoimun

Rauhanda Riyantama | Rosiana Chozanah
Studi Ini Jelaskan Mengapa Wanita Lebih Rentan Terkena Penyakit Autoimun
Penyakit autoimun. (Shutterstock)

Hormon perinatal memengaruhi risiko gangguan tertentu.

Suara.com - Peneliti di Michigan State University melakukan sebuah penelitian yang hasilnya menunjukkan bahwa perbedaan dalam hormon seks biologis dapat menentukan pola penyakit yang diidap seumur hidup.

Berdasarkan laporan The Health Site, peneliti mengaitkan hubungan antara hormon tertentu yang ada sebelum dan sesudah kelahiran dengan respons imun serta perkembangan penyakit imunologi seumur hidup.

Diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciences edisi terbaru, penelitian ini menjawab pertanyaan, 'mengapa perempuan berisiko mengalami penyakit yang melibatkan sistem kekebalan, seperti asma, alergi, dan sindrom iritasi usus besar'.

Penulis studi mengatakan bahwa penelitian ini 'membuka pintu' untuk terapi dan pencegahan baru.

Hormon perinatal memengaruhi risiko gangguan tertentu

Penyakit Asma (Shutterstock)
Penyakit Asma (Shutterstock)

Menurut peneliti, hormon perinatal (periode sekitar waktu kelahiran, 5 bulan sebelumnya dan satu bulan sesudahnya), memiliki pengaruh lebih besar pada risiko mengembangkan kelainan terkait sel mast.

Sel mast adalah sel darah putih yang mengatur garis pertahanan pertama dalam melawan infeksi dan paparan racun, serta memainkan peran penting dalam penyembuhan luka.

Namun, ketika sel mast ini menjadi terlalu aktif maka akan menyebabkan penyakit inflamasi atau peradangan kronis dan, dalam kasus tertentu, kematian.

Sel mast wanita menyimpan dan melepaskan lebih banyak zat inflamasi seperti protease, histamin dan serotonin, dibandingkan dengan pria. Artinya, sel mast wanita lebih mungkin memicu respon imun yang agresif.

Meski memiliki keunggulan, yaitu membuat perempuan lebih bisa bertahan dari infeksi, risikonya justru membuat mereka menderita penyakit peradangan dan autoimun.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS