Benarkah Diabetes Tipe 1 Bisa Berubah Jadi Tipe 2? Ini Faktanya

Bimo Aria Fundrika
Benarkah Diabetes Tipe 1 Bisa Berubah Jadi Tipe 2? Ini Faktanya
Ilustrasi diabetes. (Shutterstock)

Gejala diabetes tipe 1 dan tipe 2 kurang lebih sama.

Suara.com - Diabetes adalah penyakit kronis, yang belum dapat disembuhkan. Setelah didiagnosis, penderita diabetes hanya dapat mengelola gejalanya dengan menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

Pengobatan dan perubahan gaya hidup adalah dua cara efektif untuk mengendalikan kondisi agar tidak semakin parah dan menjalani hidup bahagia.

Diabetes itu sendiri adalah kondisi kesehatan yang kompleks dan meskipun cukup umum saat ini, orang memiliki banyak pertanyaan dan kesalahpahaman yang berkaitan dengannya. Salah satu yang paling umum adalah -dapatkah diabetes tipe 2 berubah menjadi tipe 1?

Sebelum membahas masalah yang disebutkan di atas, penting untuk mengetahui perbedaan antara dua jenis diabetes yang umum.

Baca Juga: Studi: Rasa Kesepian Bisa Berisiko Timbulkan Diabetes Tipe 2

Kenali ciri-ciri diabetes pada anak. (Shutterstock)
Kenali ciri-ciri diabetes pada anak. (Shutterstock)

Dilansir dari Times of India, gejala diabetes tipe 1 biasanya muncul pada anak-anak dan remaja. Dalam hal ini, sistem kekebalan mengacaukan sel beta penghasil insulin yang sehat di pankreas tubuh sebagai penyerang eksternal dan menghancurkannya.

Karena itu, tubuh tidak dapat lagi memproduksi insulin. Alasan mengapa ini terjadi masih belum diketahui. Tetapi menurut peneliti, itu entah bagaimana terkait dengan faktor genetik dan lingkungan.

Sementara, diabetes tipe 2 sebagian besar didiagnosis pada orang dewasa dan lebih sering terjadi daripada tipe 1. Dalam hal ini, pankreas tidak memproduksi insulin, tetapi tubuh tidak dapat menggunakannya secara efektif. Insulin terakumulasi dalam aliran darah, menyebabkan lonjakan kadar gula.

Sama seperti tipe 1, tidak diketahui mengapa beberapa orang menjadi resisten insulin tetapi diyakini terkait dengan kebiasaan gaya hidup yang buruk dan kelebihan berat badan.

Gejala diabetes tipe 1 dan tipe 2 kurang lebih sama. Saat menderita diabetes seseorang mungkin mengalami:

Baca Juga: Rekomendasi Olahraga bagi Pasien Diabetes, Tingkatkan Sensitivitas Insulin!

  • Sering buang air kecil
  • Haus yang berlebihan
  • Sangat lapar
  • Penglihatan kabur
  • Luka dan perih yang tidak kunjung sembuh

Perubahan suasana hati dan penurunan berat badan juga umum terjadi pada orang yang menderita diabetes tipe 1, sedangkan pasien tipe 2 mungkin mengalami mati rasa dan kesemutan di tangan atau kaki mereka.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS