Cegah Virus Corona, Jangan Lupa Pakai Masker saat di Toilet Umum!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Cegah Virus Corona, Jangan Lupa Pakai Masker saat di Toilet Umum!
Ilustrasi toilet umum. (Shutterstock)

Seseorang lebih berisiko tertular virus corona Covid-19 ketika tidak memakai masker ketika di toilet umum.

Suara.com - Penularan virus corona Covid-19 bisa terjadi di mana pun, karena itu semua orang disarankan selalu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak sosial sebagai tindakan pencegahan.

Sayangnya, banyak orang mungkin masih membahayakan dirinya sendiri tanpa disadari, terutama ketika mereka pergi ke toilet umum untuk buang air kecil atau buang air besar.

Penelitian dari Initial Washroom Hygiene telah mengungkapkan bahwa hanya kurang dari setengah atau 49 persen orang Inggris selalu memakai masker ketika mengunjungi toilet umum.

Padahal kasus virus corona Covid-19 masih terus bertambah. Mayoritas orang Inggris atau 51 persen sudah berpikir mereka berpotensi tertular virus corona Covid-19 setelah memakai toilet umum.

Baca Juga: Wow! Ada Lemari Bisa Halau Virus Corona, Berikut Spesifikasinya

Bahkan dua pertiga atau 66 persen orang mengaku ingin fasilitas tempat sampah yang lebih banyak lagi di toilet umum. Sehingga mereka bisa membuang barang sekali pakai dengan benar, seperti sarung tangan, masker dan tisu.

Ilustrasi masker (Unsplash)
Ilustrasi masker (Unsplash)

Tapi, banyak orang justru tidak memakai maskernya ketika menggunakan toilet umum. Padahal Manajer Teknis & Inovasi Jamie Woodhall Inggris, Initial Washroom Hygiene, mengatakan ada banyak titik sentuh yang bisa menjadi tempat pertumbuhan virus di toilet umum.

"Apalagi toilet umum termasuk tempat yang sulit untuk orang-orang menerapkan jarak sosial. Sehingga pemerintah menyarankan semua orang tetap memakai masker selama menggunakan toilet umum," jelasnya dikutip dari Express.

Menurutnya, penggunaan masker saat menggunakan toilet umum sama pentingnya dengan melindungi suatu kelompok maupun diri sendiri dari penyebaran virus corona Covid-19.

Karena, masker bisa membantu mengurangi risiko tetesan pernapasan yang mengontaminasi permukaan dan titik sentuh umum lainnya. Sehingga langkah ini bisa menurunkan risiko penyebaran virus corona dari permukaan yang terinfeksi.

Baca Juga: Bar dan Restoran Tutup, Belanda Bersiap Hadapi Gelombang Kedua Virus Corona

"Kami sendiri merekomendasikan semua orang mengikuti rekomendasi pemerintah untuk memakai masker di toilet dengan kondisi sulit menerapkan jarak sosial, cuci tangan teratur dan mengeringkan tangan dengan efektif," jelas Woodhall.

Komentar