Anang Hermansyah akan Jalani Endoskopi Lambung, Apa Saja Persiapannya?

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Anang Hermansyah akan Jalani Endoskopi Lambung, Apa Saja Persiapannya?
Penyanyi Anang Hermansyah saat memasuki mobilnya Gedung Reskrimum, Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (7/8). [Suara.com/Alfian Winanto]

Anang Hermansyah harus menjalani endoskopi lambung karena menderita sakit maag kronis.

Suara.com - Anang Hermansyah baru-baru ini mengeluhkan sakit kaki, yang berujung sakit lambung kronis. Mulanya, Ashanty hendak membawa Anang ke dokter untuk mencari tahu penyebab sakit kaki suaminya.

Tapi, dokter justru mendeteksi kondisi lambung Anang justru lebih parah. Dokter pun menyarankan Anang melakukan endoskopi untuk mengatasi sakit lambungnya.

"Udah selesai, nanti harus dibawa ke rumah sakit buat diendoskopi karena bukan hanya kaki dia cek juga. Terus ternyata, darahnya tinggi tiba-tiba, jadi harus dibius minggu depan," kata Ashanty melalui channel YouTube The Hermansyah A6.

Ashanty pun menduga Anang sakit maag kronis akibat tidak makan teratur selama berpisah tempat tinggal dengannya. Karena itu, Anang harus menjalani operasi kecil untuk mengatasinya.

Baca Juga: Benarkah Sikat Gigi selama 2 Menit Bisa Cegah Virus Corona? Ini Buktinya!

"Kena maag, dan paling parah adalah kakinya sakit. Tapi kan lucu kita ngecek sakitnya tapi yang parah kronis itu lambungnya jadi mungkin harus diendoskopi, operasi kecil," jelas Ashanty.

Ilustrasi lambung (shutterstock)
Ilustrasi lambung (shutterstock)

Dilansir dari Alodokter, tujuan utama endoskopi lambung adalah membantu dokter melihat kondisi di dalam lambung dan mendeteksi adanya kelainan pada lambung, seperti luka, peradangan atau infeksi lambung dan kanker lambung.

Bila endoskopi lambung menemukan adanya tanda-tanda kanker, dokter bisa langsung melakukan biopsi atau pengambilan sampel jaringan. Sampel jaringan lambung akan diperiksa di laboratorium untuk memastikan itu benar jaringan kanker atau tidak.

Ada pula beberapa hal yang harus dilakukan sebelum endoskopi lambung, antara lain:

1. Pemeriksaan riwayat kesehatan

Baca Juga: Terinfeksi Virus Corona, Wanita Ini Meninggal di Pesawat saat Lepas Landas

Mulanya dokter akan memeriksa riwayat kesehatan pasien secara lengkap sebelum menjalani prosedur endoskopi, seperti riwayat penyakit Anda.

Komentar