alexametrics

6 Manfaat Ikan Bandeng Untuk MPASI

Vania Rossa | Luthfi Khairul Fikri
6 Manfaat Ikan Bandeng Untuk MPASI
Ikan bandeng di Pasar Rawa Belong, Jakarta Barat. [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Tak hanya enak dipresto atau dibuat menjadi otak-otak, ikan bandeng juga bergizi untuk MPASI si kecil.

Suara.com - Ikan bandeng merupakan salah satu ikan populer di Indonesia. Bahkan, ikan bandeng juga kerap diolah menjadi beragam jenis pangan olahan berbasis ikan, misalnya otak-otak. Namun, tahukah Anda ikan bandeng ternyata dapat memberikan segudang manfaat untuk MPASI bayi?

Ikan bandeng mengandung berbagai jenis lemak sehat, protein, fosfor, kalium, kalsium, zat besi, dan beberapa vitamin, seperti vitamin A, B1, dan B12. Dan yang paling menonjol, ikan bandeng mengandung banyak omega-3 yang bermanfaat untuk kecerdasan otak anak. Tak heran jika ikan bandeng sangat pas diolah menjadi MPASI.

Tetapi, mengolah ikan bandeng memang perlu perhatian khusus, lantaran ikan ini memiliki banyak duri dan beberapa di antaranya berukuran halus dan kecil. Itu sebabnya, orangtua perlu lebih teliti membersihkannya. Pastikan ikan yang diberikan kepada bayi sudah terbebas dari duri.

Nah, berikut Suara.com rangkum dari Alodokter beragam manfaat ikan bandeng untuk MPASI. Ini dia:

Baca Juga: Ibu Ingin Masak MPASI Enak dan Bergizi? Kuncinya di Karbohidrat dan Protein

1. Mencerdaskan otak
Ikan bandeng mengandung banyak omega-3, yaitu asam lemak esensial yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Tercukupinya kebutuhan asam lemak omega-3 dipercaya dapat memberikan efek yang baik untuk tumbuh kembang otak dan kecerdasan anak.

2. Menjaga kinerja fungsi saraf
Ikan bandeng merupakan sumber vitamin B1 atau tiamin, yakni vitamin yang berperan penting dalam menjaga fungsi sistem saraf, mencerna karbohidrat, dan melancarkan pencernaan. Kekurangan vitamin ini pada anak bisa menyebabkan ia mengalami gangguan saraf dan penyakit beri-beri.

3. Merawat kesehatan tulang dan gigi
Kandungan kalsium, magnesium, dan fosfor pada ikan bandeng dapat membantu memenuhi kebutuhan anak akan mineral ini. Kandungan mineral di atas juga penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi anak, serta menurunkan risiko anak mengalami rakitis dan kerusakan tulang di kemudian hari.

4. Menjaga daya tahan tubuh
Kandungan vitamin A, zat besi, dan protein pada ikan bandeng memiliki peran dalam menguatkan daya tahan tubuh anak. Selain itu, protein juga dibutuhkan untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak serta membuat komponen imunitas untuk melawan infeksi virus dan bakteri.

Jika ikan bandeng diolah dengan dipresto, manfaat yang didapatkan bisa lebih banyak. Beberapa bandeng presto diolah tanpa membuang sisiknya. Nah, sisik ikan bandeng dipercaya mengandung antioksidan dan kolagen yang bisa melindungi sel-sel tubuh anak dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baca Juga: Shandy Aulia Tambahkan Madu di MPASI Bayinya yang Baru 4 Bulan, Amankah?

Terlebih di tengah pandemi seperti saat ini, memiliki daya tahan tubuh yang kuat sangat penting bagi anak agar ia tidak mudah tertular virus corona dan penyakit lainnya.

Komentar