alexametrics

Aktivitas Kecil seperti Naik Tangga Setiap Hari Baik untuk Kesehatan Mental

Yasinta Rahmawati
Aktivitas Kecil seperti Naik Tangga Setiap Hari Baik untuk Kesehatan Mental
Ilustrasi naik tangga. (Pixabay)

Jika tidak punya waktu untuk berolahraga, pastikan Anda naik tangga setiap hari.

Suara.com - Olahraga rutin dapat membantu tubuh tetap kuat dan sehat serta meningkatkan kesehatan mental dengan mengurangi kecemasan hingga depresi. Jika tidak punya waktu untuk berolahraga, Anda bisa menyiasatinya dengan naik tangga setiap hari.

Sebab, sebuah studi baru telah mengungkapkan bahwa bahkan aktivitas sehari-hari seperti menaiki tangga atau sekadar berjalan-jalan santai dapat secara signifikan meningkatkan kesejahteraan fisik dan kesehatan mental Anda selama masa pandemi, terutama pada orang yang rentan terhadap gangguan kejiwaan.

Dilansir dari The Health Site, menaiki tangga setiap hari dapat membantu Anda merasa terjaga dan penuh energi, yang pada gilirannya meningkatkan kesejahteraan mental, tulis penulis makalah studi yang diterbitkan dalam jurnal Science Advances.

Para peneliti dari Karlsruhe Institute of Technology (KIT) dan Central Institute of Mental Health (CIMH) di Jerman juga telah mengidentifikasi daerah otak yang memainkan peran sentral dalam proses ini.

Baca Juga: Gerakan Senam Lantai yang Mudah Dipraktekkan di Rumah

Mereka menemukan bahwa 'subgenual cingulate cortex', bagian dari cerebral cortex, penting untuk interaksi antara aktivitas sehari-hari dan kesejahteraan yang efektif. Ini adalah wilayah di mana emosi dan ketahanan terhadap gangguan kejiwaan diatur.

Ilustrasi naik tangga (shutterstock)
Ilustrasi naik tangga (shutterstock)

Orang dengan volume materi otak abu-abu yang lebih kecil di wilayah ini dan berisiko lebih tinggi mengalami gangguan kejiwaan merasa memiliki sedikit energi saat mereka tidak aktif secara fisik.

Namun, setelah aktivitas sehari-hari seperti naik tangga, orang-orang ini bahkan merasa lebih dipenuhi dengan energi daripada orang-orang dengan volume otak yang lebih besar.

Hasilnya menunjukkan bahwa aktivitas fisik dalam kehidupan sehari-hari bermanfaat bagi kesejahteraan, terutama pada orang yang rentan terhadap gangguan kejiwaan, kata para penulis.

Namun selain naik tangga, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental. Di antaranya adalah:

Baca Juga: Hanya dalam 2 Minggu, Kurang Aktivitas Fisik Dapat Berefek pada Kesehatan

1. Tidur cukup

Komentar