5 Tips untuk Pejuang PTN Agar Lolos Kampus Impian

Risna Halidi | Dini Afrianti Efendi
5 Tips untuk Pejuang PTN Agar Lolos Kampus Impian
Sebagai ilustrasi: 5 Tips untuk Pejuang PTN Agar Lolos Kampus Impian [Antara/Sahrul Manda Tikupadang]

Berikut 5 kiat yang bisa dilakukan para pejuang Perguruan Tinggi Negeri atau PTN.

Suara.com - Semester genap sudah dimulai, para siswa kelas 12 mulai asyik membahas dan memburu kampus atau perguruan tinggi impian untuk meneruskan pendidikan.

Tentu saja, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) masih jadi muara harapan tertinggi bagi lulusan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.

Lantas, apa saja yang harus kamu persiapkan agar berhasil berlabuh di PTN incaran dan bersaing dengan ratusan pelajar lainnya yang mendaftar.

Berikut 5 kiat yang bisa dilakukan para pejuang PTN, berdasarkan siaran pers Ruangguru beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Pencernaan Bermasalah? Ini Ramuan Penawarnya dari Dr Zaidul Akbar, Simpel Hanya 4 Bahan

Ilustrasi ujian nasional / sekolah (pixabay)
Ilustrasi ujian (pixabay)

1. Kenali minat dan potensi diri
Untuk dapat masuk ke kampus impian, tentunya kamu harus mengetahui apa hal yang menjadi minat pribadimu. Selain itu, kamu juga harus jeli dalam mengenali kemampuan atau potensi diri yang dimiliki.

Kemampuan diri ini merupakan sesuatu yang bisa kamu asah lebih agar kamu memiliki tingkat kemampuan yang tinggi dalam hal yang kamu minati.

Dengan minat dan potensi diri, kamu akan lebih mudah dalam menentukan program studi apa yang paling cocok untuk kamu sehingga kamu dapat membuat strategi khusus untuk mencapainya sesuai dengan tingkat persaingan yang ada.

2. Pahami prosedur dan jalur seleksi PTN
Seleksi PTN memiliki berbagai tahapan dan jalur yang dapat ditempuh oleh calon mahasiswa. Terdapat tiga jalur seleksi masuk PTN yang bisa kamu pilih, yaitu Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), dan Seleksi Mandiri.

SNMPTN bertujuan untuk menjaring siswa yang menunjukkan prestasi tinggi di bidang akademis dan non-akademis.

Baca Juga: 3 Tips Meraih Kesuksesan Sesuai Profesi yang sedang Kamu Jalani

Untuk itu, pastikan nilai rapor kamu masuk ke dalam 40 persen tertinggi untuk sekolah akreditasi A, 25 persen untuk sekolah akreditasi B, dan 5 persen untuk sekolah akreditas C. Prestasi non-akademis juga penting. Menjuarai kompetisi akan menunjang daya saing di SNMPTN.

UTBK atau SBMPTN bertujuan untuk menjaring siswa dengan kompetensi akademis dan skolastik tinggi. Kesuksesan pada SBMPTN tergantung pada penguasaan kamu pada materi pelajaran pokok sesuai jurusan (IPA/IPS) dan potensi skolastik.

Terakhir, Seleksi Mandiri bertujuan untuk menjaring siswa dengan profil kompetensi akademik yang sesuai dengan profil masing-masing PTN.

Selain mengenali jalur-jalur tersebut, kamu juga harus memahami prosedur seleksi secara tepat, dari pendaftaran hingga pelaksanaan ujian. Untuk mengetahui prosedurnya, kamu dapat mengakses informasi resmi dari website Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dan konsultasikan kesulitanmu dengan pihak sekolah.

3. Perbanyak latihan
Kesiapan mental sangat penting dalam menghadapi ujian pada UTBK atau SBMPTN dan Seleksi Mandiri. Banyak siswa yang gagal diterima di PTN karena gugup atau grogi saat mengerjakan soal tes.

Nah, biasakan dirimu dari sekarang dengan berbagai bentuk soal dengan cara memperbanyak latihan atau mengikuti tryout.

Kamu juga dapat memilih alternatif belajar di luar sekolah untuk mendukung sarana belajarmu agar lebih siap lagi. Misalnya bimbingan belajar, atau belajar melalui aplikasi yang menyediakan ribuan latihan soal UTBK dan tryout gratis.

Dengan memperbanyak latihan, kamu pun akan semakin percaya diri. Jangan terjebak ke dalam iming-iming dari orang yang menjanjikan lolos secara instan.

Perlu diingat, seleksi PTN telah menerapkan berbagai strategi dan sistem monitoring untuk mencegah kecurangan.

4. Usaha maksimal lewat doa dan tawakal
Usaha yang maksimal apabila tidak dibarengi dengan doa dan tawakal akan menjadi sia-sia. Untuk bisa masuk ke PTN, kamu harus berusaha dengan maksimal disertai dengan doa dan berserah diri kepada Yang Maha Kuasa.

Dengan begitu, kamu pun akan bersyukur dan jauh dari kesombongan saat diterima dan dihindari dari keputusasaan jika tidak diterima. Percayalah, apapun hasilnya merupakan keputusan terbaik dari Yang Maha Kuasa.

Jadi gimana? Tetap semangat incar PTN dambaanmu ya!