alexametrics

Kenali Selulitis, Infeksi Bakteri yang Dialami Putra Zaskia Mecca

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rosiana Chozanah
Kenali Selulitis, Infeksi Bakteri yang Dialami Putra Zaskia Mecca
Zaskia Adya Mecca dan anak-anak. (Instagram/@zaskiadyamecca)

Infeksi bakteri selulitis ini tidak boleh diabaikan karena dapat menyebabkan komplikasi.

Suara.com - Putra Zaskia Adya Mecca, Bhai Kaba, mengalami infeksi selulitis di salah satu kakinya hingga tidak dapat digerakkan. Kaba juga mengalami demam yang cukup membuat Zaskia panik.

"Aba sepertinya selulitis, intinya ada bakteri di bawah kulit sehingga terjadi peradangan dan ini bahaya kalo ga segera ditangani dengan antibiotik," tulis Zaskia dalam unggahan Instagram Story, Kamis (4/3/2021).

Zaskia mengatakan bahwa ruam pada bagian atas pergelangan kaki buah hatinya terasa panas dan keras. Pada bagian pangkal paha pun membengkak karena radang dan terasa sakit.

"Dicolek aja sakit apalagi dibawa jalan. Sekarang minum antibiotik buat lima hari ke depan," sambung Zaskia.

Baca Juga: Epigallo, Kandungan di Teh Hijau yang Mampu Kurangi Bahaya Infeksi Covid-19

Selulitis merupakan infeksi bakteri di kulit dan lapisan yang berada di bawahnya. Umumnya ini disebabkan oleh bakteri dari golongan Streptococcus dan Staphylococcus.

Bhai Kaba mengalami infeksi selulitis (Instagram/Zaskia Adya Mecca)
Bhai Kaba mengalami infeksi selulitis (Instagram/Zaskia Adya Mecca)

Selain kedua bakteri tersebut, dilansir Alodokter, beberapa bakteri lain juga dapat menjadi penyebabnya, seperti Hemophilus influenzae, Pasteurella multocida, Aeromonas hydrophillia, Vibrio vulnificus, atau Pseudomonas aeruginosa.

Bakteri tersebut tumbuh dan berkembang di kulit yang terluka, seperti luka operasi, luka gores, dan gigitan serangga.

Gejala dari selulitis termasuk kulit kemerahan atau ruam, bengkak, terasa lembut dan hangat saat disentuh, kulit melepuh, bernanah atau berair, serta demam.

Selulitis bukanlah infeksi yang menular, tetapi dapat menyebar dan berbahaya jika tidak segera ditangani. Jadi, pengobatan sejak dini perlu dilakukan agar tidak terjadi komplikasi.

Baca Juga: Banyak Tikus di Rumah? Waspada Tertular Infeksi Leptospirosis

Komplikasi dari selulitis bisa berupa infeksi aliran darah, sepsis, infeksi tulang, limfadenitis, gangrene, serta penyebaran infeksi ke lapisan terdalam atau fascial lining.

Dalam kasus Bhai Kaba, Zaskia langsung melarikannya ke rumah sakit dan mendapat obat resep antibiotik serta ibuprofen yang harus dikonsumsi selama minimal lima hari.

Komentar