alexametrics

Mantap! 10.000 Dokter Dapat Pelatihan Vaksinator Covid-19 Secara Online

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Mantap! 10.000 Dokter Dapat Pelatihan Vaksinator Covid-19 Secara Online
Vaksinator di RSUD Tangsel menunjukkan Vaksin Sinovac yang akan disuntikkan ke tenaga medis, Jumat (15/1/2021). [Suarabanten.id/Wivy]

Sebanyak 10.000 dokter seluruh Indonesia, akan mendapatkan pelatihan massal menjadi vaksinator Covid-19 secara online.

Suara.com - Sebanyak 10.000 dokter seluruh Indonesia, akan mendapatkan pelatihan massal menjadi vaksinator Covid-19 secara online.

Pelatihan akbar ini digelar untuk menggencarkan vaksinasi Covid-19 terhadap 180 juta penduduk Indonesia di kuartal pertama 2022.

Pelatihan ini digelar hasil kolaborasi Dinas Kesehatan (Dinkes), Pusat Pelatihan Kesehatan Daerah (Puslatkesda), Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Alodokter yang menyediakan wadah pelatihan secara online.

Menurut Kepala Pusat Pelatihan Kesehatan Daerah Provinsi DKI Jakarta dr. Nisma Hiddin, SH, MH, selain ketersediaan vaksin, tenaga kesehatan dan logistik yang wajib diperhatikan untuk kelancaran vaksinasi.

Baca Juga: Studi Baru Tegaskan Mantan Pasien Covid-19 Hanya Perlu Satu Dosis Vaksin

Setelah mengikuti pelatihan ini, nantinya para tenaga kesehatan (nakes) atau dokter akan bisa memvaksin peserta, menjelaskan epidemiologi dan patofisiologi Covid-19, melakukan microplanning dan mengelola rantai dingin penyimpanan vaksin, mencatat dan melaporkan vaksinasi, monitoring, evaluasi dan melakukan pemantauan terhadap Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

"Ini mengapa pelatihan sangat penting karena vaksinator harus bersertifikat," tegas dr. Nisma, Rabu (7/4/2021).

Adapun pelatihan vaksinator ini akan digelar dalam 3 gelombang, dan gelombang pertama telah dimulai awal minggu ini.

Sedangkan sertifikat akan diberikan kepada peserta yang telah mengikuti pelatihan dengan memenuhi persyaratan, di antaranya telah mengikuti minimal 95 persen dari seluruh jam pelatihan virtual, serta memenuhi nilai minimal 70 dari hasil evaluasi dari pelatihan.

Lantaran dilaksanakan full online, maka semua nakes yang ada di seluruh Indonesai bisa mengikuti pelatihan dan mendapat sertifikat vaksinator Covid-19 melalui platform Alodokter

Baca Juga: Ini Penyebab Kematian Danki Brimob di Ambon, Usai Disuntik Vaksin Covid-19

Presiden Direktur & Co-founder ALODOKTER Suci Arumsari, menjelaskan saat pelatihan nanti, di platform akan tersedia berbagai fitur yang membantu peserta mendapatkan akses pengetahuan dan informasi seputar vaksinasi Covid-19.

"Untuk memenuhi kebutuhan para dokter dengan menyediakan berbagai fitur seperti, SKP Points, informasi, panduan, forum, serta kesempatan bekerja. ALODOKTER selalu memberi yang terbaik dari apa yang kami miliki untuk dapat wujudkan Indonesia bebas Covid-19,” pungkas Suci Arumsari.

Komentar