alexametrics

Termasuk Bahan Dasar Vaksin Covid-19, Apa Itu Adenovirus?

Arendya Nariswari | Shevinna Putti Anggraeni
Termasuk Bahan Dasar Vaksin Covid-19, Apa Itu Adenovirus?
Ilustrasi virus, adenovirus. [Shutterstock]

Adenovirus adalah virus yang biasanya digunakan untuk memodifikasi vaksin Covid-19 dan lainnya.

Suara.com - Adenovirus adalah keluarga virus yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit pada manusia, mulai dari flu biasa hingga infeksi saluran cerna dan mata merah.

Kini, para ilmuwan telah menggunakan virus ini sebagai bahan dasar pada beberapa jenis vaksin Covid-19, termasuk vaksin Johnson & Johnson dan vaksin AstraZemeca.

Menurut laporan 2019 di jurnal Scientific Reports, ada 88 jenis adenovirus yang bisa menginfeksi manusia dan dikelompokkan menjadi 7 spesies berbeda, dari A hingga G.

Virus tersebut beredar sepanjang tahun, yang artinya tidak terjadi musiman, seperti virus influenza. Adenovirus juga bisa menginfeksi berbagai hewan vertebrata, termasuk mamalia, burung, reptile dan ikan.

Baca Juga: Alami Masalah Jantung, LaMarcus Aldridge Resmi Pensiun dari NBA

Pada manusia, infeksi adenovirus paling sering menyebabkan gejala pernapasan ringan. Tetapi terkadang, virus bisa menyebabkan penyakit parah.

Ilustrasi Virus, adenovirus (Unsplash/CDC)
Ilustrasi Virus, adenovirus (Unsplash/CDC)

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dilansir dari Fox News, orang dengan sistem kekebalan lemah, penyakit pernapasan atau penyakit jantung berisiko mengalami infeksi parah yang lebih tinggi.

Saat ini juga belum ada vaksin yang khusus untuk melindungi diri dari infeksi adenovirus. Tapi, ada satu vaksin yang biasanya digunakan oleh personnel milter AS.

Vaksin ini bekerja melawan adenovirus tipe 4, yang diklasifikasikan sebagai spesies E dan dan adenovirus tipe 7 yang termasuk dalam spesies B.

Konon, para ilmuwan telah menggunakan adenovirus yang dimodifikasi untuk membuat vaksin lain, seperti vaksin Covid-19. Virus yang dimodifikasi ini tidak lagi bisa menginfeksi sel manusia, tetapi bertindak sebagai vaksin yang masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga: Varian Baru Virus Corona India Terdeteksi di Inggris, Lebih Berbahayakah?

Gejala adenovirus

Infeksi adenovirus seringkali bisa menyebabkan gejala flu atau flu biasa, demam dan sakit tenggorokan. Virus ini juga bisa menyebabkan mata merah atau konjungtivitis, peradangan di saluran udara paru-paru yang disebut bronchitis akut, pneumonia, infeksi paru-paru dan radang lambung atau usus.

Adenovirus juga bisa menyebabkan infeksi saluran kemih, radang atau infeksi kandung kemih dan penyakit neurologis yang memengaruhi sumsum tulang belakang dan otak.

Komentar