alexametrics

Cara Mencegah dan Mengatasi Cegukan pada Bayi

Vania Rossa
Cara Mencegah dan Mengatasi Cegukan pada Bayi
Ilustrasi bayi cegukan. (Unsplash/@irinamurza)

Tentu saja cara mencegah dan mengatasi cegukan pada bayi tak sama seperti orang dewasa.

Suara.com - Cegukan pada bayi terkadang membuat para orangtua panik dan khawatir. Tak jarang pula orangtua merasa bingung untuk mengatasi cegukan pada bayi, karena penanganannya pasti berbeda dengan orang dewasa.

Faktanya, cegukan pada bayi tidak berbahaya. Cegukan disebabkan oleh kontraksi diafragma dan penutupan pita suara yang cepat. Penutupan pita suara inilah yang menyebabkan suara cegukan.

Jika orang dewasa saja kadang merasa terganggu atau tidak nyaman dengan cegukan, apakah bayi juga merasakan hal yang sama?

Tak perlu khawatir, umumnya cegukan tidak mengganggu dan berdampak pada pernapasan bayi. Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mencegah dan mengatasi cegukan pada bayi.

Baca Juga: Cegukan Terus-menerus, Waspadai Gejala Virus Corona

3 Cara Mencegah Cegukan pada Bayi
Penyebab cegukan pada bayi sebenarnya tidak bisa diketahui secara pasti, karena bisa saja berasal dari pencernaannya, menguap, menyusu, atau lain sebagainya. Untuk mencegah cegukan pada bayi ada beberapa hal yang bisa dilakukan, misalnya sebagai berikut.

1. Menjaga Postur Tubuh Bayi saat Makan
Jagalah posisi bayi tetap tegak selama 20 hingga 30 menit setelah makan. Hal ini bisa membantu mencegah cegukan dan membiasakan bayi agar tidak bungkuk.

2. Memastikan Bayi Tenang saat Makan
Menangis bisa menyebabkan udara masuk ke tubuh melalui mulut. Ketika bayi menangis saat makan, bisa saja mengakibatkan cegukan terjadi. Oleh karena itu pastikan bayi tenang saat makan.

Hindari pula terlalu lama menunggu memberikan bayi makanan atau susu jika ia lapar, karena ia bisa kesal dan kemudian menangis sebelum makan.

3. Batasi Gerakan Sehabis Menyusu
Sesudah menyusu atau makan, hindari mengajaknya bermain yang terlalu aktif, misalnya mengayun-ayunkan bayi. Sehabis makan, bayi perlu waktu untuk mengistirahatkan pencernaannya dan hal ini dapat mencegah cegukan.

Baca Juga: Bayi Cegukan Tanpa Henti Baik untuk Pernapasannya, Kok Bisa?

4 Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi
Jika bayi sudah terlanjur cegukan, cobalah beberapa cara berikut untuk mengatasi cegukan pada bayi.

Komentar