alexametrics

Tak Dilarang, Simak Anjuran Konsumsi Kafein Selama Puasa Ramadan

Cesar Uji Tawakal | Fita Nofiana
Tak Dilarang, Simak Anjuran Konsumsi Kafein Selama Puasa Ramadan
Ternyata minum kopi tiap pagi bisa turunkan berat badan (shutterstock)

Konsumsi kafein tak dilarang, begini anjuran ahli.

Suara.com - Selama bulan suci Ramadan, umat islam di seluruh dunia harus menjalankan puasa. Dalam hal ini, maka jelas asupan makanan seimbang harus dijaga demi tetap sehat dan bugar. Lalu bagaimana dengan asupan berkafein?

Melansir dari Claveland Clinic, kopi, teh, dan banyak minuman berkarbonasi mengandung kafein, zat yang dikenal dapat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Banyak orang menikmati minuman jenis ini sebagai bagian dari rutinitas kesehariannya.

Penurunan konsumsi kafein secara tiba-tiba sering kali dapat menyebabkan gejala seperti sakit kepala, lekas marah, dan kantuk. Penting bagi mereka yang berpuasa untuk mengatur asupan kafein mereka selama Ramadan agar tetap bebas dari efek samping kafein yang tidak diinginkan.

Terlalu banyak kafein setiap saat sepanjang tahun dapat berdampak negatif pada kesehatan Anda. Tidak disarankan untuk melebihi 400 miligram (mg) atau kira-kira setara dengan sekitar 4 cangkir kopi yang diseduh dan dua minuman energi. Untuk perempuan hamil, rekomendasinya adalah setengah dari itu, yakni hingga 200mg per hari dari semua sumber kafein.

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Cianjur Minggu 25 April 2021

“Cokelat juga merupakan sumber kafein yang umum, dengan 50 gram cokelat hitam polos mengandung sekitar 25mg zat tersebut. Untuk memuaskan keinginan manis itu, mengapa tidak memilih kurma atau buah segar saja?” Ahli Gizi Klinis, Victoria Pena-Acuna.

Ilustrasi pasangan minum kopi. (Unsplash/@taylormae)
Ilustrasi minum kopi. (Unsplash/@taylormae)

Pada umumnya minum kopi atau kafein selama Ramadan tidak dilarang, Anda hanya perlu membatasinya saja. Selain itu, waktu minum kopi juga bisa berpengaruh.

Dalam hal ini, Hello Sehat menyatakan bahwa waktu minum kopi bisa menjadi trik agar tetap aman konsumsi kopi selama puasa.

Kopi sendiri bersifat diuretik yang menyebabkan produksi urine lebih banyak sehingga berisiko mengakibatkan kondisi dehidrasi. Oleh karena itu, hindarilah minum kopi saat sahur karena dikhawatirkan membuat Anda dehidrasi.

"Sebaiknya Anda minum kopi satu atau dua jam setelah berbuka. Bila Anda minum kopi sesaat setelah berbuka dengan kondisi perut masih kosong, dinding perut Anda bisa iritasi. Jadi, pastikan dulu perut Anda sudah terisi makanan sebelum minum kopi," catat Hello Sehat.

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Depok Minggu 25 April 2021

Komentar