alexametrics

Bolehkah Merokok usai Suntik Vaksin Covid-19? Ini Saran Ahli!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Bolehkah Merokok usai Suntik Vaksin Covid-19? Ini Saran Ahli!
Ilustrasi merokok (freepik.com/ArthurHidden)

Beberapa orang mungin mempertanyakan risiko merokok setelah suntik vaksin Covid-19.

Suara.com - Vaksinasi merupakan salah satu cara melindungi diri dari virus corona Covid-19. Tapi, ada beberapa hal yang memang harus dihindari sebelum dan sesudah suntik vaksin Covid-19 untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Beberapa orang mungkin mempertanyakan aturan merokok setelah suntik vaksin Covid-19. Apakah merokok bisa membuat efek samping vaksin Covid-19 lebih parah atau tidak?

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), orang yang merokok lebih berisiko tertular virus corona Covid-19. Karena itu, perokok haus mendapatkan vaksinasi segera.

Selain itu dilansir dari Times of India, merokok juga menurunkan kapasitas paru-paru dan meningkatkan risiko tertular beberapa penyakit pernapasan lainnya. Banyak laporan menambahkan bahwa perokok berisiko lebih tinggi tertular virus corona Covid-19.

Baca Juga: Virus Corona Menyerbu Pelosok, Dukun di Pedesaan India Laris Manis

Baru-baru ini, Dr Vishakha, seorang ahli gizi menyarankan orang-orang untuk tidak merokok dulu setelah suntik vaksin Covid-19 dosis pertama. Karena, merokok bisa menurunkan respons antibodi terhadap beberapa vaksin Covid-19.

Ilustrasi vaksin COVID-19. (unsplash/@dimitrihou)
Ilustrasi vaksin COVID-19. (unsplash/@dimitrihou)

Perokok bisa mengonsumsi permen atau semacamnya untuk mengalihkan keinginannya merokok setelah suntik vaksin. Seorang dokter pun telah membagikan semua hal yang harus dilakukan seseorang setelah suntik vaksin Covid-19.

Akun Instagram @doctorvee tersebut menyarankan orang-orang harus tidur selama 6 jam per malam sebelum mendapatkan suntik vaksin Covid-19.

Selain itu, orang-orang juga bisa melakukan beberapa latihan pernapasan untuk mengurangi stres. Karena, stres bisa memperburuk masalah kesehatan seseorang.

Tak cukup hanya berhenti merokok, orang-orang juga akan disarankan berhenti minum alkohol yang bisa melemahkan sistem imun terhadap vaksin.

Baca Juga: Ilmuwan Temukan 2 Varian di Inggris Mirip dengan Virus Corona di India

Karena itu, seseorang harus menghindari minum alkohol 3 hari sebelum suntik vaksin Covid-19 dan hindari pesta minuman keras selama 45 hari sebelum waktunya tiba.

Komentar