alexametrics

Peran Penting Vitamin C, Jadi Bodyguard Pelindung Tubuh dari Radikal Bebas

M. Reza Sulaiman | Dinda Rachmawati
Peran Penting Vitamin C, Jadi Bodyguard Pelindung Tubuh dari Radikal Bebas
ilustrasi vitamin c. (shutterstock)

Setiap harinya, tubuh diketahui mendapatkan serangan dari radikal bebas dan benda asing lain yang dapat dengan mudah masuk ke dalamnya.

Suara.com - Setiap harinya, tubuh diketahui mendapatkan serangan dari radikal bebas dan benda asing lain yang dapat dengan mudah masuk ke dalamnya.

Dengan berbagai aktivitas yang terkadang dipaksakan, hal tersebut kata Ahli Gizi Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes dapat lebih memberikan tekanan psikologis yang memengaruhi kondisi fisiologis tubuh.

Tekanan tersebut, lanjut dia dapat menyebabkan stres yang menghasilkan berbagai senyawa radikal bebas tambahan, bahkan saat kita bernapas sekalipun. Kondisi ini dapat dioeroarah dengan kualitas dan kuantitas tidur yang tidak mencukupi.

"Oleh karena itu, untuk menjaganya, selain konsumsi makanan dengan gizi seimbang, dibutuhkan asupan “bodyguard” agar kondisi tubuh lebih terjaga. Penjaganya adalah beberapa zat gizi seperti Protein, Vitamin C, Zink, Zat Besi, Vitamin A, Vitamin D. Nah, penjaga inilah yang kita sebut bodyguard," jelasnya dalam peluncuran Segar Dingin SDC-1000 secara virtual Senin (3/5/2021).

Baca Juga: Catat! Banyak Makan Sayur dan Buah Belum Tentu Cukupi Kebutuhan Vitamin C

Hal tersebut kata Dr. Rita dapat menjaga sistem imun tubuh tetap kuat dan bekerja sesuai fungsi. Adapun, ia juga menjelaskan mengenai peran penting Vitamin C dalam menjaga tubuh dari berbagai serangan radikal bebas dan benda asing lainnya.

Menurutnya, Vitamin C merupakan vitamin larut air yang ketika berlebih dalam tubuh memang akan dikeluarkan serta tidak bisa disimpan. Oleh karena itu, memenuhi kebutuhan vitamin C setiap hari sekitar 1,5 g vitamin C per kg berat badan adalah hal yang tak boleh terlupakan.

Apalagi, Vitamin C sendiri merupakan salah satu komponen utama dalam membangun kolagen tubuh yang bertanggung jawab pada semua struktur jaringan ikat di tubuh, serta berperan untuk memelihara jaringan penghubung tulang.

"Tidak hanya itu, berbagai penelitian juga menjelaskan bahwa ketersediaan vitamin C yang cukup di tubuh akan menurunkan tingkat keparahan penyakit yang berhubungan dengan pernafasan," jelasnya.

Serta, Vitamin C juga membantu meningkatkan penyerapan zat besi pada tubuh sehingga membantu pertumbuhan tulang dan kerja otak.

Baca Juga: Selama Puasa, Tambahkan 5 Buah Ini Untuk Tambah Vitamin C

Komentar