alexametrics

Cara Mudah & Cepat agar Sayuran Potong Tetap Segar Walau di Luar Kulkas

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
Cara Mudah & Cepat agar Sayuran Potong Tetap Segar Walau di Luar Kulkas
Buah dan sayuran (Shutterstock)

Cara cepat ini trending di TikTok, apakah Anda ingin mencobanya?

Suara.com - Unggahan pemilik akun TikTok Shannon McNitt tentang cara cepat mendinginkan makanan tanpa memasukkannya ke kulkas trending. Hingga kini, video tersebut sudah ditonton jutaan pengguna platform tersebut.

Dalam videonya, McNitt mengisi sepertiga nampan aluminium foil sekali pakai dengan air, kemudian membekukan airnya di freezer.

Setelah air menjadi es, ia meletakkan nampan aluminium foil lain berisi buah-buahan yang sudah dipotong di atasnya. Menurutnya, ini adalah cara cepat dan mudah agar makanannya tetap dingin.

Tapi, apakah cara seperti ini aman dilakukan?

Baca Juga: Server Seukuran Kulkas Milik Bank Mandiri Jember Terbakar

Profesor dan spesialis penyuluhan keamanan pangan di North Carolina State University, Ben Chapman, mengatakan cara cepat ini efektif dan aman.

Cara cepat dan mudah menyegarkan sayuran yang sudah dipotong (TikTok/livingonlife101)
Cara cepat dan mudah menyegarkan sayuran yang sudah dipotong (TikTok/livingonlife101)

Pada suhu kamar, bakteri tumbuh secara cepat dan dapat membuat sakit. Bahkan, buah dan sayuran, yang biasanya didiamkan pada suhu ruangan, dapat menumbuhkan bakteri dengan cepat setelah dipotong atau dimasak.

Jadi, menyimpannya di atas es bisa membuat makanan tersebut segar lebih lama.

"Ini sama saja meletakkan makanan langsung di atas es yang dihancurkan, yang bekerja cukup baik," kata Chapman, dilansir Insider.

Tapi, lamanya waktu cara tersebut menjaga makanan agar tetap segar bergantung pada beberapa faktor.

Baca Juga: Sambut Ramadhan, Pastikan Bahan Makanan Anda Fresh dan Sehat di Kulkas

"Suhu lingkungan, berapa banyak makanan, apakah makanan itu mulai didinginkan, dan seberapa tebal es dan nampan, semuanya penting," tambahnya.

Menurutnya, jika menggunakan cara ini di luar ruangan saat cuaca panas, mungkin tidak akan membuatnya bertahan lebih dari empat jam.

Dalam video lanjutan, McNitt mengatakan bahwa nampan esnya masih sebagian membeku setelah diletakkan di kulkas bersuhu satu derajat Celcius.

Komentar