alexametrics

Tidur Pakai Softlens Bisa Sebabkan Kebutaan, Ini Cara Mencegahnya

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Tidur Pakai Softlens Bisa Sebabkan Kebutaan, Ini Cara Mencegahnya
Ilustrasi lensa kontak. (Shutterstock)

Kebersihan adalah faktor terpenting untuk merawat dan menjaga kesehatan mata yang menggunakan softlens. Bagaimana jika terbawa tidur?

Suara.com - Kebersihan adalah faktor terpenting untuk merawat dan menjaga kesehatan mata yang menggunakan softlens.

Hal ini karena softlens termasuk benda asing yang menempel lama di mata, sehingga bisa berisiko menyebabkan infeksi.

Dokter Spesialis Mata RS EMC Tangerang, dr. Degiana Syabdini Edwixa, Sp.M mengatakan maksimal penggunaan softlens paling lama adalah 8 jam sehari. Tapi sayangnya banyak ditemukan kasus pemakaian softlens yang terbawa tidur hingga esok hari.

Hasilnya terjadilah infeksi yang menyebabkan mata merah, kering karena kekurangan oksigen. Melihat kasus ini dr. Degiana mengingatkan kebiasaan ini bisa menyebabkan kebutaan akibat penggunaan softlens.

Baca Juga: Pengidap Mata Minus Ingin Pakai Softlens? Perhatikan Tiga Hal Ini

"Kadang softlens suka kebawa tidur, jadi merah matanya, terinfeksi, atau kering, kurang oksigen, dan yang ditakutkan ini bisa merepotkan karena bisa berujung pada kebutaan," ujar dr. Degiana di akun Instagram RS EMC, Jumat (7/5/2021).

Kebutaan terjadi akibat, kebersihan softlens atau proses pemasangan tidak terjaga dengan baik, sehingga terinfeksi kuman, bakteri hingga virus bisa masuk ke mata dan mengganggu penglihatan bahkan berisiko kebutaan.

Adapun softlens kata dr. Degiana harus disimpan di tempat dan direndam dengan air khusus. Sebelum disimpan, setelah pemakaian softlens juga harus lebih dulu dibersihkan dengan cara khusus.

"Dan memakainya juga tangan selalu bersih saat pemakaian, selalu tepat dan pas di mata agar tidak menggesek bagian mata lainnya. Langkah ini sangat penting, agar tidak terjadi komplikasi," jelas dr. Degiana.

Hal lain yang perlu diingat, kata Dr. Degiana setiap orang memiliki lengkungan bola mata atau kornea yang berbeda. Sehingga pemeriksaan mata sebelum memakai softlens sangatlah penting agar mata nyaman dan tidak infeksi penyebab mata merah, kering hingga berair saat menggunakan softlens.

Baca Juga: Kisah Wanita Nyaris Buta usai Teteskan Lem ke Mata, Bisa Selamat Berkat Ini

"Kadang ada yang gunakan softlens tidak pas, terlalu menekan, atau longgar, sehingga komplikasi bisa iritasi bisa matanya kering, itu yang sering kejadian," pungkas Dr. Degiana.

Komentar