alexametrics

Ibu Hamil Minum Kopi Aman atau Bahaya? Ini Penjelasan Dokter

M. Reza Sulaiman | Dian Kusumo Hapsari
Ibu Hamil Minum Kopi Aman atau Bahaya? Ini Penjelasan Dokter
Perempuan Minum Kopi (Envato)

Tren konsumsi kopi yang meningkat tidak hanya dinikmati oleh lelaki, tapi juga perempuan termasuk ibu hamil. Loh, memangnya boleh?

Suara.com - Tren konsumsi kopi yang meningkat tidak hanya dinikmati oleh lelaki, tapi juga perempuan termasuk ibu hamil. Loh, memangnya boleh?

Di Indonesia, sebagian mengatakan ibu hamil boleh-boleh saja minum kopi. Namun sebagian lagi mengatakan sebaliknya, karena minum kopi bisa berbahaya bagi ibu hamil.

Terkait hal ini, sebuah video dari akun TikTok @dokterkopi alias dr. Marco Vidor menyatakan bahwa sebaiknya ibu hamil tidak mengkonsumsi kopi selama mengandung.

"Dulu pada penelitian-penelitian sebelumnya, dibilang boleh-boleh saja ibu hamil mengkonsumsi kopi saat hamil baik itu dari kopi, teh coklat atau sumber kafein lainnya asalkan tidak lebih dari 200 gram," ujarnya dalam video tersebut.

Baca Juga: Waspada Jika Alami 3 Tanda Bahaya Ini di Trimester Akhir!

Ternyata minum kopi tiap pagi bisa turunkan berat badan (shutterstock)
Perempuan minum kopi. (shutterstock)

Namun, lanjut dr. Marco, baru-baru ini muncul sebuah penelitian yang menyatakan konsumsi kafein pada ibu hamil meningkatkan risiko untuk bayi yang tengah di kandunganya.

"Risiko apa tu, yaitu bisa berat badan bayi yang lahir rendah. Panjang bayi yang kurang jadi status gizi yang baru lahir itu bisa terganggu," ujarnya.

Oleh sebab itu, ia pun menyarankan kepada para wanita yang tengah mengandung untuk tidak mengkonsumsi minuman-minuman yang mengandung kafein demi tumbuh kembang anak nantinya.

Hal ini pun disambut baik oleh para netizen. Banyak para netizen yang seuju dengan pertanyaan dr. Marco ini.

"Dan itu bener pada pasienku huhuhu sudah kubulang jangan sering minum kopi ternyata benar pas di USG tbj nya 1,5 padahal udah 34 mg," kata @rere.

Baca Juga: Sering Pegal? Olahraga Yuk! Ini 3 Olahraga yang Aman untuk Ibu Hamil

"Waktu saya hamil, entah kenapa hobi ngopi memang menurun sendiri.Sekitar 4-5 bulan setelah lahiran. Kesukaan minum kopi itu balik sendiri pelan-pelan," kara @starcrossed.

Komentar