alexametrics

Fauci: Jika Sudah Vaksin Covid-19, Tak Perlu Pakai Masker di Luar Ruangan

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Fauci: Jika Sudah Vaksin Covid-19, Tak Perlu Pakai Masker di Luar Ruangan
Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)

Orang yang sudah suntik vaksin Covid-19 tak perlu memakai masker di luar ruangan. Namun, ada syaratnya.

Suara.com - Orang yang sudah suntik vaksin Covid-19 penuh tidak perlu memakai masker di luar ruangan. Dr Anthony Fauci mengatakan bahwa pemakaian masker bagi orang yang sudah suntik vaksin Covid-19 hanya pada situasi tertentu.

"Jika Anda sudah suntik vaksin Covid-19, Anda tidak perlu memakai masker di luar ruangan," kata Dr Anthony Fauci dikutip dari Fox News.

Tapi, Anda harus memakai masker ketika berada di situasi yang sangat padat, di mana orang-orang sulit menjaga jarak fisik. Jika Anda berada di luar ruangan yang bisa menjaga jarak fisik, Anda tidak perlu memakai masker.

Fauci, kepala penasihat medis di Gedung Putih, mengutarakan pandangannya ini beberapa hari setelah Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dituduh membesar-besarkan risiko penularan virus corona Covid-19 di luar ruangan.

Baca Juga: Sudah Divaksin Covid-19? Boleh Lepas Masker, Tapi Ada Syaratnya

The New York Times, melaporkan bahwa kenyataannya persentase risiko penularan virus corona Covid-19 di luar ruangan mendekati 1 persen, meskipun agensi kesehatan itu mengatakan risiko penularan virus corona kurang dari 10 persen.

Ilustrasi virus corona Covid-19, masker bedah (Pixabay/Coyot)
Ilustrasi virus corona Covid-19, masker bedah (Pixabay/Coyot)

Direktur CDC, Dr Rochelle Walensky menekankan data tersebut selama sidang komite Senat pada Selasa (11/5/2021) oleh Senator Susan Collins, R-Maine yang mengatakan dirinya tak lagi menganggap pedoman badan tersebut sebagai standar Utama.

Susan Collins mengecam panduan badan kesehatan itu untuk membuka kembali sekolah, data risiko dari luar dan pembatasan tidak bisa diterapkan selama musim panas.

Saat ini, CDC menyarankan pemakaian masker untuk anak-anak yang menghadiri perkemahan di musim panas, bahkan saat berada di luar ruangan.

Tapi, badan tersebut mengeluarkan panduan sebelum FDA mengesahkan vaksin Pfizer untuk remaja usia 12 hingga 15 tahun. Fauci dan Walensky mengatakan bahwa badan kesehatan itu akan memantau data dan memperbarui panduannya.

Baca Juga: CDC: Kasus Pembekuan Darah Juga Terjadi Pada Vaksin Johnson & Johnson

Fauci juga mengakui bahwa panduan musim panas badan tersebut agak ketat dan konservatif. Fauci lebih setuju dengan mantan komisaris FDA, Dr Scott Gottlieb yang menyarankan bahwa sudah waktunya untuk memudahkan aturan pemakaian masker di ruangan.

"Kami perlu mulai bersikap lebih liberal karena sudah banyak orang yang suntik vaksin Covid-19," jelasnya.

Komentar