alexametrics

Sering Terlewatkan, Jangan Lupa Bersihkan 5 Bagian Tubuh Ini Setiap Hari

Cesar Uji Tawakal | Shevinna Putti Anggraeni
Sering Terlewatkan, Jangan Lupa Bersihkan 5 Bagian Tubuh Ini Setiap Hari
Ilustrasi Mandi. (Pixabay/PublicDomainPictures)

Ada beberapa bagian tubuh yang sering terlewatkan untuk dibersihkan, padahal banyak bakteri yang bersarang di sana.

Suara.com - Sebanyak 1,5 triliun mikroba hidup di kulit kita, Tapi, tidak semua mikroba itu buruk bagi kulit kita dan justru ada beberapa yang penting. Karena itu, kita tak perlu mencuci bagian tubuh tertertentu terlalu sering atau terlalu bersih setiap hari.

Jika beberapa bagian tubuh itu Anda cuci terlalu bersih dan sering justru akan membuat mikroba yang baik hilang. Bahkan seringkali orang justru melewatkan bagian tubuh lainnya yang lebih penting untuk dibersihkan.

Berikut ini dilansir dari Bright Side, beberapa bagian tubuh yang harusnya Anda bersihkan cukup sering dan sampai bersih pakai sabun.

ilustras kaki (shutterstock)
ilustras kaki (shutterstock)

1. Kaki

Baca Juga: Bukan Batuk atau Demam, Ini 2 Gejala Virus Corona Khas pada Anak-Anak

Kaki salah satu bagian tubuh yang harus dicuci dengan sabun. Tapi, banyak orang justru mengabaikan bagian ini dan hanya mencucinya pakai air yang mengalir dari tubuh.

Padahal, jamur kuti air sering terjadi pada area ini, terutam bila Anda sering memakai sandal jepit, tidak memakai kaus kaki dan berkeringat lebih. Karena itu, seorang dokter kulit menekankan penting cuci kaki pakai sabun dan menggosoknya pakai batu apung setiap hari.

2. Belakang leher

Bagian tubuh ini sering kali terasa hangat lembab, terutama bagi orang yang memiliki rambut pajang dan olahraga teratur. Sehingga, area tubuh ini bisa menjadi tempat terbaik untuk pertumbuhan tunga dan bakteri.

Karena itu, Anda harus membersihkan bagian belakang leher ini setiap hari pakai sabun dan menggosoknya untuk mencegah penyebaran bakteri.

Baca Juga: Imbas Krisis Virus Corona di India, Harga Minyak Ikutan Anjlok

3. Mata

Komentar