alexametrics

Update Covid-19 Global: Varian Virus B1617 dari India Mengancam Inggris

Risna Halidi | Lilis Varwati
Update Covid-19 Global: Varian Virus B1617 dari India Mengancam Inggris
Ilustrasi virus corona (Pixabay/mohamed_hassan)

Hal tersebut disampaikan Organisasi Kesehatan Dunia WHO yang mengatakan varian baru virus corona itu telah menjadi perhatian dunia.

Suara.com - Varian virus corona B1617 yang berasal dari India telah jadi ancaman baru dalam penanganan pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Organisasi Kesehatan Dunia WHO yang mengatakan varian baru virus corona itu telah menjadi perhatian dunia.

"Kami mengklasifikasikan ini sebagai varian yang menjadi perhatian di tingkat global," kata Maria Van Kerkhove, kepala teknis WHO untuk COVID-19, dalam sebuah pengarahan beberapa hari lalu.

WHO juga memperingatkan bahwa varian virus corona B1617 lebih cepat menular. Selain India yang saat ini masih jadi episentrum lonjakan kasus positif Covid-19, varian B1617 telah menyebar hingga ke Inggris.

Baca Juga: Bulan Pancasila, Fortais Bakal Fasilitasi Kaum Jomlo Nikah Bareng Gratis

Pihak berwenang mengidentifikasi ada 2.323 kasus virus corona yang berkaitan dengan virus B1617, kata Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock.

Berbicara di Parlemen, Hancock mengatakan, sebanyak 86 wilayah otoritas lokal yang berbeda sekarang telah mengidentifikasi setidaknya lima orang dengan jenis baru tersebut.

"Kasus telah berlipat ganda dalam sepekan terakhir di Bolton, Blackburn dan Darwen di barat laut Inggris dan varian India sekarang menjadi jenis virus yang dominan," kata Hancock dikutip dari Bloombergh.

Dia mendesak masyarakat untuk divaksinasi. Pasalnya, menurut Hancock, kebanyakan pasien yang terinfeksi strain India di rumah sakit Bolton belum menerima suntikan vaksin. Bukti awal menunjukkan vaksin masih bekerja melawan varian baru ini, katanya.

Kasus positif Covid-19 di Inggris naik 9 persen dalam sepekan terakhir, data pada situs worldometer. Lantaran bertambah 15.917 kasus selama sepekan terakhir, jumlah kasus Covid-19 di Inggris kini mencapai 4,45 juta.

Baca Juga: Virus Corona India Alami Mutasi Ganda dan Berita Hits Kesehatan Lainnya

Sementara itu secara global, tercatat 527.121 orang diseluruh dunia yang terkinfirmasi positif Covid-19 dalam 24 jam terakhir. India masih mendominasi laporan kasus harian, meski telah turun di bawah 300 ribu dalam beberapa hari terakhir. 

Komentar