alexametrics

Apa itu Penyakit Ain dan Bagaimana Cara Mencegahnya?

Rifan Aditya
Apa itu Penyakit Ain dan Bagaimana Cara Mencegahnya?
Apa itu Penyakit Ain dan Bagaimana Cara Mencegahnya? - Ilustrasi wanita berjilbab. (Pixabay)

Apa itu penyakit ain yang mendadak jadi perhatian setelah muncul kabar Aurel Hermansyah keguguran.

Suara.com - Apa itu penyakit ain yang mendadak jadi perhatian setelah muncul kabar Aurel Hermansyah keguguran.

Kabar duka datang dari pasangan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah. Diketahui bahwa Aurel Hermansyah mengalami keguguran di usia bayi 5 minggu 3 hari.

Kabar keguguran tersebut membuat sejumlah warganet mengucapkan bela sungkawa kepada Aurel Hermansyah. Namun tak jarang juga warganet berkomentar bahwa keguguran yang dialami oleh Aurel Hermansyah ada kaitannya dengan penyakit ain. Penasaran apa itu penyakit ain? Simak penjelasan berikut ini.

Apa itu Penyakit Ain

Baca Juga: Konsumsi Gandum Utuh Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Penyakit ain adalah  penyakit yang tidak asing bagi umat Islam. Penyakit ini merupakan gangguan yang disebabkan oleh pandangan mata yang disertai oleh perasaan iri dan dengki.

Pandangan mata dipercaya bisa memengaruhi perasaan dan pikiran yang berdampak negatif bagi kesehatan. Secara umum, penyakit ain adalah penyakit yang bisa menimpa seseorang yang menjadikan orang memiliki kecemburuan besar kepada orang lain.

Penyakit Ain Menurut Nabi Muhammad SAW

Penyakit ain ini telah dikenal sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Dalam sebuah hadist, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Ain itu benar-benar ada. Andaikan ada sesuatu yang bisa mendahului takdir, sungguh ‘ain itu bisa.” (HR. Muslim No.2188).

Nabi Muhammad SAW pernah menyarankan bahwa seseorang untuk diruqyah untuk menyembuhkan dirinya dari penyakit ain. Dikisahkan Nabi Muhammad SAW pernah melihat anak perempuan Ummu Salamah r.a. yang masih kecil dengan wajah yang cenderung berwarna hitam. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Mintakanlah ruqyah untuknya karena dia terkena nadzarah (penyakit ain).” HR. al-Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: Awas Kolesterol! Penderita Penyakit Kronis Batasi Asupan Daging Kurban

Cara Mencegah Penyakit Ain

Komentar