Konsumsi Gandum Utuh Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Risna Halidi, Aflaha Rizal Bahtiar

Selasa, 20 Juli 2021 | 16:15 WIB
Konsumsi Gandum Utuh Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung
Roti gandum (shutterstock)

Suara.com - Konsumsi gandum disebut bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini diungkap lewat penelitian yang terbit dalam The Journal of Nutrition.

Dikatakan, mengonsumsi tiga porsi gandum dalam sehari, tak hanya menyehatkan jantung tetapi juga dapat mengurangi tekanan darah dan kadar gula dalam tubuh.

Dilansir dari Healthline, para peneliti kemudian mencari tahu mengapa gandum utuh bisa memengaruhi penurunan risiko berbagai penyakit berbahaya tersebut.

Tim peneliti menggunakan data dari Framingham Heart Study Offspring Cohort, yang dimulai pada tahun 1970-an.

Ada 3.121 orang yang berpartisipasi pada penelitian ini, dengan rata-rata responden datang dari kelompok orang kulit putih berusia 50 tahunan.

Hasilnya, para peneliti melihat hasil kesehatan dari konsumsi gandum tersebut. Mereka yang sedikit mengonsumsi gandum alias biji-bijian utuh, mengalami peningkatan gula darah dan tekanan darah sistolik.

Menurut ketua Department of Public & Allied Health Mary-Jon Ludy, PhD, gandum atau biji-bijian merupakan makanan yang baik. Selain itu, gandum juga berperan penting pada kesehatan.

"Lewat kaya serat, gandum membantu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Dan ini dapat menurunkan kolestrol, sekaligus meningkatkan kesehatan pada pencernaan,” ungkap Mary-Jon yang juga selaku associate professor Food & Nutrition Bowling Green State, University Ohio.

Lewat kombinasi serat vitamin B (thiamin, riboflavin, niacin), vitamin E, dan mineral (besi, magnesium, selenium, seng), gandum berhasil memberikan sejumlah manfaat yang baik untuk mencegah penyakit baik itu jantung, hipertensi, stroke, diabetes tipe 2, kanker usus besar, dan obesitas.

baca juga

Tak hanya itu, ia juga mengatakan gandum juga baik untuk kesehatan perempuan hamil. Bagaimana, ingin memulai dietmu dengan mengonsumsi gandum utuh?

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Waspada, Ini 5 Gejala Tak Biasa Serangan Jantung Pada Wanita

Waspada, Ini 5 Gejala Tak Biasa Serangan Jantung Pada Wanita

Health | Selasa, 20 Juli 2021 | 14:46 WIB

5 Kondisi Ini Bisa Jadi Tolak Ukur Kesehatan Jantung, Salah Satunya Kolesterol

5 Kondisi Ini Bisa Jadi Tolak Ukur Kesehatan Jantung, Salah Satunya Kolesterol

Jogja | Sabtu, 17 Juli 2021 | 14:16 WIB

Ingin Tahu Kondisi Kesehatan Jantung Anda? Coba Cek 5 Kondisi Berikut

Ingin Tahu Kondisi Kesehatan Jantung Anda? Coba Cek 5 Kondisi Berikut

Health | Jum'at, 16 Juli 2021 | 16:04 WIB

Terkini

Berpacu Waktu, Pencarian Korban Gempa Bumi Kolombia Masuk Fase Akhir

Berpacu Waktu, Pencarian Korban Gempa Bumi Kolombia Masuk Fase Akhir

News | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 07:11 WIB

Daftar Harga HP Motorola Agustus 2026 Terbaru, Lengkah dari Entry Level ke HP Lipat

Daftar Harga HP Motorola Agustus 2026 Terbaru, Lengkah dari Entry Level ke HP Lipat

Tekno | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 07:05 WIB

Stok AS Melonjak, Harga Minyak Dunia Anjlok Lebih dari 2 Persen

Stok AS Melonjak, Harga Minyak Dunia Anjlok Lebih dari 2 Persen

Bisnis | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 07:05 WIB

Wajah Baru Pasar Godean Usai Relokasi, Pedagang Masih Perlu Beradaptasi

Wajah Baru Pasar Godean Usai Relokasi, Pedagang Masih Perlu Beradaptasi

Your Say | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 07:00 WIB

Arab Saudi Cari Jalur Ekspor Minyak Baru, Masa Depan Selat Hormuz Makin Suram karena Perang

Arab Saudi Cari Jalur Ekspor Minyak Baru, Masa Depan Selat Hormuz Makin Suram karena Perang

News | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 06:52 WIB

3 Zodiak yang Diprediksi Sukses Finansial 14 Agustus 2026, Rezeki Makin Lancar

3 Zodiak yang Diprediksi Sukses Finansial 14 Agustus 2026, Rezeki Makin Lancar

Lifestyle | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 06:48 WIB

4 Shio Paling Beruntung pada 14 Agustus 2026, Akhirnya Gak Kesepian Lagi

4 Shio Paling Beruntung pada 14 Agustus 2026, Akhirnya Gak Kesepian Lagi

Lifestyle | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 06:25 WIB

Paradoks AI, Ciptakan Pengangguran Massal Hingga Krisis Air di India

Paradoks AI, Ciptakan Pengangguran Massal Hingga Krisis Air di India

News | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 06:17 WIB

Menolak Bungkam! Rakyat Kecil di Kota Bogor Tuntut Keadilan Hak Tanah yang Diduga Diserobot

Menolak Bungkam! Rakyat Kecil di Kota Bogor Tuntut Keadilan Hak Tanah yang Diduga Diserobot

Bogor | Kamis, 13 Agustus 2026 | 23:39 WIB

Tukang Cukur dan Camat Sudah Minta Maaf, Netizen Masih Buru Pelaku Perekam Video Viral

Tukang Cukur dan Camat Sudah Minta Maaf, Netizen Masih Buru Pelaku Perekam Video Viral

Bogor | Kamis, 13 Agustus 2026 | 23:31 WIB

×