alexametrics

Punya Riwayat Maag, Nikita Mirzani Suka Makan Makanan Pedas, Apa Pengaruhnya?

Cesar Uji Tawakal | Rosiana Chozanah
Punya Riwayat Maag, Nikita Mirzani Suka Makan Makanan Pedas, Apa Pengaruhnya?
Nikita Mirzani [Suara.com/Rena Pangesti]

Nikita Mirzani baru-baru ini dilarikan ke rumah sakit akibat gangguan pencernaan.

Suara.com - Selebriti Nikita Mirzani saat ini masih dirawat di Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI), Jakarta, setelah pingsan di lokasi syuting pada Kamis (27/5/2021). Setelah endoskopi, wanita 35 tahun ini didiagnosis dengan luka di saluran pencernaannya.

"Tadi sudah dilakukan endoskopi ternyata ada luka sama ada gangguan pencernaan. Karena dia juga maag," ungkap sahabat Nikita, Fitri Salhuteru, dikutip dari KH Entertainment, Sabtu (29/5/2021).

Fitri juga menjelaskan bahwa Nikita sudah lama menderita maag. Menurutnya, penyebab sakit Nikita kali ini adalah pola makan yang tidak teratur serta makan makanan pedas.

"Aku berpikir sakit perut biasa, karena dia kan makannya aja suka gak teratur, terus makan pedas... Aku sering ngingetin kan, istirahat yang cukup, makan, minum vitamin," sambungnya.

Baca Juga: Viral Tukang Parkir Pekanbaru Meninggal Terduduk, Ditemukan Obat Maag

Menurut Alodokter, maag atau gastritis terjadi saat dinding lambung mengalami peradangan. Penyakit ini dapat bersifat kronis (dapat kambuh) dan akut (bersifat sementara) yang dapat sembuh dengan sendirinya.

Nikita Mirzani [Youtube]
Nikita Mirzani [Youtube]

Ada berbagai macam penyebab maag, salah satunya jenis makanan yang dikonsumsi penderita, seperti:

  • Makanan tinggi lemak jenus, seperti gorengan atau margarin
  • Makanan pedas
  • Makanan olahan atau instan
  • Buah-buahan asam
  • Minuman tinggi kafein
  • Cokelat

Makanan dan minuman tersebut memang dapat membuat maag kambuh. Tetapi tidak semua orang akan mengalaminya.

Makan pedas menyebabkan maag kambuh

Makanan pedas sering dianggap sebagai penyebab maag karena dapat membuat sakit perut. Ini disebabkan oleh kandungan capsaicin di dalam makanan pedas.

Baca Juga: Cegah Penyakit Maag, Batasi Konsumsi 4 Jenis Makanan Ini

Capsaicin dapat memicu reaksi iritasi pada dinding lambung, sehingga muncul sensasi serupa dengan gejala maag ketika seseorang mengonsumsi makanan pedas.

Sebenarnya, mengonsumsi makanan pedas secara tidak berlebihan masih dianggap aman untuk lambung, Tetapi jika sering mengalami kekambuhan, lebih baik menghindari makanan ini.

Komentar