alexametrics

Tingkatkan Kekebalan dan Efektivitas Vaksin, Yuk Banyak Berolahraga

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Tingkatkan Kekebalan dan Efektivitas Vaksin, Yuk Banyak Berolahraga
Ilustrasi olahraga (shutterstock)

Berolahraga bukan hanya baik untuk kesehatan fisik secara kesuluruhan namun juga bisa meningkatkan efektivitas vaksin.

Suara.com - Berolahraga disebut bisa berefek pada efektivitas vaksin. Hal ini disebabkan karena aktivitas fisik secara teratur tidak hanya membantu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan, tetapi juga meningkatkan respons kekebalan Anda terhadap vaksin Covid-19

Melansir dari Healtshot, melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari setidaknya selama 5 hari dalam seminggu bisa meningkatkan risiko penularan penyakur sebanya 31 persen. Lebih jauh lagi, aktivitas fisik rutin juga bisa menurunkan risiko kematian hingga 37 persen. 

Selain itu, para ahli mengatakan bahwa aktivitas fisik secara teratur membantu meningkatkan jumlah sel T dan sel CD4. Kedua sel tersebut membantumeningkatkan fungsi kekebalan.

Ilustrasi Olahraga di Rumah. (freepik)
Ilustrasi Olahraga di Rumah. (freepik)


Ada berbagai hal yang membuat olahraga bisa membantu meningkatkan kekebalan dan efektivtas vaksin. Pertama, ketika Anda berolahraga secara teratur, Anda dapat mencegah penyakit menular. Hal ini juga mengurangi terjadinya penyakit gaya hidup seperti obesitas dan diabetes, serta penyakit pernapasan dan kardiovaskular.

Baca Juga: Virus Corona Varian Delta Diduga Picu Diabetes Tipe Baru, Ini Kata Ahli!

Selain itu, berolahraga setiap hari membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan juga menurunkan tingkat stres. Olahraga secara teratur membantu meningkatkan efisiensi sistem kekebalan Anda. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Lancet Public Health juga menunjukkan bahwa ada hubungan kuat antara paparan yang lebih besar ke ruang hijau dan kesehatan masyarakat yang lebih baik. Bahkan, diyakini bahwa mereka yang tinggal di daerah yang lebih hijau akan hidup lebih lama.

Komentar