alexametrics

Update Covid-19 Global: Indonesia Catat 2 Juta Kasus, Peringkat 4 Terbanyak di Asia

Risna Halidi | Lilis Varwati
Update Covid-19 Global: Indonesia Catat 2 Juta Kasus, Peringkat 4 Terbanyak di Asia
Ilustrasi update COVID-19 - (Pixabay/thedarknut)

Lonjakan kasus positif yang terjadi di Indonesia selama sepekan terakhir membuat akumulasi kasus virus corona di Indonesia menjadi 2.004.445 kasus.

Suara.com - Update Covid-19 global hari ini mencatat Indonesia telah memiliki lebih dari 2 juta kasus infeksi Covid-19.

Lonjakan kasus positif yang terjadi di Indonesia selama sepekan terakhir membuat akumulasi kasus virus corona di Indonesia menjadi 2.004.445 kasus, atau peringkat keempat terbanyak di Asia.

Bahkan, tambahan kasus sebanyak 14.536 dalam sehari kemarin (21/6) tercatat menjadi yang terbanyak selama pandemi Covid-19 berlangsung.

Menanggapi fenomena tersebut, Satgas Penanganan Covid-19 mengingatkan kembali pentingnya menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga: Karawang Dikepung Virus COVID-19 Varian Delta, 44 Orang Terinfeksi

Bukan sekadar menggalakan program vaksinasi, Satgas Covid-19 meminta agar penerapan protokol kesehatan menjadi tanggungjawab mulai dari lapisan RT-RW.

"Pemerintah daerah sampai turunannya harus benar-benar menggerakkan protokol kesehatan. Dengan adanya PPKM mikro saya rasa seharusnya ini lebih efektif," ucap Deputi bidang sistem dam strategi BNPB Raditya Jati ditemui suara.com di Jakarta Internasional Equestrian Park, Jakarta Timur, Selasa (22/6/2021).

Ia mengingatkan bahwa pengawasan protokol kesehatan menjadi tanggungjawab setiap orang, termasuk seluruh lapisan masyarakat.

Raditya juga menyampaikan bagi masyarakat yang terkonfirmaai positif Covid harus segera lakukan isolasi mandiri agar penularan virus bisa terhenti.

"Misalnya dalam kondisi ringan atau orang tanpa gejala sebaiknya lakukan isolasi secara mandiri di rumah atau di instalasi yang disediakan RT-RW setempat. Jadi 3T dilakukan, tetap harus dilakukan sampai level bawah. 3M dilaksanakan untuk seluruh lapisan masyarakat plus vaksinasi dimasifkan," katanya.

Baca Juga: Covid-19 Varian Baru Serang Ratusan Anak di Jakarta, Anies: Ini Wabah yang Berbeda

Di sisi lain, kasus Covid-19 secara global terus bertambah. Pada situs worldometers tercatat dalam sehari ada 272.776 orang di dunia terkonfirmasi positif Covid-19 dan 5.645 jiwa meninggal dunia.

Komentar