alexametrics

Lindungi Diri dari Ancaman Penyakit Musim Dingin, Lakukan 5 Hal Berikut Ini

Arendya Nariswari | Shevinna Putti Anggraeni
Lindungi Diri dari Ancaman Penyakit Musim Dingin, Lakukan 5 Hal Berikut Ini
Ilustrasi musim hujan (shutterstock)

Ada banyak penyakit yang mengancam selama musim dingin, karena itu kita perlu menjaga diri.

Suara.com - Musim hujan memang membuat udara lebih dingin, tapi cuaca seperti ini juga membawa banyak ancaman penyakit yang bisa mempengaruhi kekebalan tubuh secara signifikan.

Demam berdarah, malaria, dan tifus merupakan ancaman penyakit musim hujan yang disebabkan oleh nyamuk. Karena, nyamuk yang menyebabkan sejumlah penyakit itu bereproduksi dan berkembang biak sangat baik selama musim hujan.

Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan beberapa cara untuk melindungi diri dari berbagai ancaman penyakit selama musim hujan. Berikut ini dilansir dari Times of India, beberapa cara memperkuat daya tahan tubuh dan melindungi diri dari penyakit musim hujan.

1. Gaya hidup sehat

Baca Juga: Virus Corona Varian Delta Plus: Fakta, Asal-usul, Gejala Varian AY.1 Delta Plus

Perubahan suhu ekstrem dan kelembapan udara yang tinggi pada musim hujan membuat orang rentan terhadap berbagai virus penyebab pilek dan flu. Selama periode ini, konsumsi makanan yang seimbang dengan makanan penambah kekebalan dan minum cukup air akan membantu melindungi Anda dari infeksi virus corona Covid-19.

Cobalah minuman atau ramuan obat seperti madu dan air atau teh herbal yang bisa membantu melindungi pernapasan serta kekebalan tubuh. Olahraga dan tidur yang cukup akan tetap menjadi komponen vital dari sistem kekebalan yang diperkuat.

Ilustrasi nyamuk. (Pixabay)
Ilustrasi nyamuk. (Pixabay)

2. Hindari makan di luar

Selama musim hujan, penyakit seperti tipus dan hepatitis A lebih mudah menyebar karena makanan dan air yang tercemar. Karena itu, hindari konsumsi sayuran mentah dan periksa semua sayuran serta buah dari kotoran, larva, busuk dan kontaminan lainnya. Anda juga lebih baik minum air yang sudah disaring dan direbus daripada air yang sudah didiamkan selama beberapa jam.

3. Cuci kaki dan keringkan

Baca Juga: Fakta Virus Corona Varian Delta: Awal Kemunculan, Gejala, Hingga Cara Pencegahan

Masalah kesehatan lain yang umum terjadi selama musim dingin adalah infeksi jamur, terutama pada kaki. Cobalah rutin mencuci kaki dan mengeringkannya, terutama jika kaki Anda terkena air hujan atau lumpur.

Komentar