alexametrics

Anies Baswedan Jenguk Dua Harimau Sumatera, Pasien Covid-19 yang Lagi Isoman

Risna Halidi
Anies Baswedan Jenguk Dua Harimau Sumatera, Pasien Covid-19 yang Lagi Isoman
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan jenguk pasien Covid-19 isoman bernama Tino dan Hari (Twitter/AniesBaswedan)

Ditulis di akun Facebook resmi miliknya, Anies bercerita bagaimana dua pasien Covid-19 unik tersebut tidak bisa dikirim ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran.

Suara.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru saja membagikan unggahan di mana dirinya tengah menjenguk dua 'pasien Covid-19' bernama Hari dan Tino. Dijelaskan, dua pasien Covid-19 tersebut merupakan harimau Sumatera yang kini telah menjadi 'warga DKI'.

Ditulis di akun Facebook resmi miliknya, Anies bercerita bagaimana dua pasien Covid-19 unik tersebut tidak bisa menjalani pengobatan dan dikirim ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran, tanpa menjelaskan kenapa.

"Hari dan Tino tidak bisa dikirim untuk isolasi ke Wisma Atlet, tapi harus melakukan isoman (isolasi mandiri) dan dirawat serta dimonitor dengan ketat oleh para dokter hewan terbaik di Ragunan," tulis Anies, diunggah Minggu (1/8/2021).

Ditulis lebih lanjut, Hari dan Tino merupakan penghuni Taman Margasatwa Ragunan, yang telah didiagnosis terinfeksi Covid-19 pada 15 Juli lalu.

Baca Juga: Anies Izinkan Kantor Non Esensial Beroperasi, Syaratnya Pegawai Sudah Divaksin

Awalnya, tulis keterangan Anies, perawat hewan di Ragunan melihat Tino dan Hari nampak sakit seperti flu, lemas dan sesak nafas.

Pihak Taman Marga Satwa langsung bertindak cepat dan memanggil petugas swab untuk kemudian mengirim spesimen swab ke Laboratorium Bioteknologi milik Pusat Studi Satwa Primata di Institut Pertania Bogor.

"Alhamdulillah Hari dan Tino kini berangsur pulih dan sudah tampak aktif. Walaupun demikian, karena Jakarta masih berada dalam situasi PPKM Level 4 maka TMR belum bisa dibuka untuk publik. Jadi Hari dan Tino tidak harus buru-buru kembali WFO dan punya banyak waktu untuk menyehatkan diri sepenuhnya," tulis Anies lebih lanjut.

Di sisi lain, berita mengenai hewan yang terinfeksi Covid-19 sudah bukan hal yang baru lagi. Menurut studi dari Jerman, hewan seperti sapi juga bisa tertular dan sakit Covid-19.

Studi Federal Research Institute for Animal Health mencatat, peneliti Jerman pernah menginokulasi enam sapi dengan Sars-CoV-2, virus corona penyebab Covid-19. Tak lama kemudian, dua sapi termasuk seekor anak sapi, dinyatakan positif Covid-19 

Baca Juga: Aggota DPR Minta Isoman di Hotel, Inul Daratista Murka hingga Ucap Makian

“Studi eksperimental pertama pada sapi ini menunjukkan kerentanan terhadap Sars-CoV-2. Juga tidak dapat dikesampingkan bahwa patogen dapat beradaptasi melalui mutasi,” ungkapnya. 

Wah, cepat sehat yang Hari dan Tino!

Komentar