alexametrics

Dokter Temukan 2 Gejala Virus Corona Covid-19 di Sekitar Wajah

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Dokter Temukan 2 Gejala Virus Corona Covid-19 di Sekitar Wajah
Ilustrasi virus corona Covid-19 (Pixabay/mohamed_hassan)

Salah satunya, infeksi kulit parah di sekitar mata yang merupakan komplikasi tak biasa dari virus corona Covid-19.

Suara.com - Sekitar 1 dari 6 orang mengalami komplikasi virus corona Covid-19, termasuk beberapa kondisi yang mengancam jiwa. Beberapa komplikasi umum, termasuk gagal napas akut, pneumonia, dan cedera hati akut.

Sebuah laporan baru menunjukkan komplikasi mata, termasuk konjungtivitis dan sinusitis mungkin juga merupakan manifestasi dari virus corona Covid-19.

Dokter Vinícius Almeida Carvalho, dari Universitas Negeri Londrina, Brasil, adalah salah satu dari banyak profesional kesehatan yang percaya bahwa infeksi penyakit di sekitar wajah bisa berkaitan dengan virus corona Covid-19.

Salah satunya, infeksi kulit parah di sekitar mata yang merupakan komplikasi tak biasa dari virus corona Covid-19. Elulitis orbita adalah suatu proses inflamasi yang melibatkan jaringan di sekitar mata. Kondisi ini biasanya menyebabkan kelopak mata bengkak, gerakan mata terbatas dan nyeri, serta gangguan penglihatan.

Baca Juga: Waspadai Bintik Hitam pada Mata, Virus Corona Covid-19 Bisa Serang Retina

Penyebab utama dari kondisi ini adalah sinusitis akibat infeksi pada sinus. Tanpa pengobatan, infeksi ini bisa menyebar ke lemak dan otot di sekitar rongga mata.

Ilustrasi Virus Corona. (Pixabay)
Ilustrasi Virus Corona. (Pixabay)

Dalam sebuah laporan yang diterbitkan dalam Journal of Craniofacial Surgery dilansir dari Express, Dokter Carvalho merujuk pada kasus pasien Covid-19 yang mengalami pembengkakan di sekitar mata.

Pasien Covid-19 ini sempat dirujuk ke bagian bedah kraniofasial setelah mengalami pembengkakan progresif menyakitkan di sekitar area orbita kirinya.

Pasien yang merupakan seorang pria usia 28 tahun itu mengaku sempat mengalami gejala virus corona Covid-19 ringan dua minggu sebelum terjadi infeksi di sekitar matanya. Gejala virus corona yang dialaminya termasuk kelelahan dan kehilangan indra penciuman.

Setelah ia mengalami sakit kepala dan bengkak di sekitar mata, ia pun memutuskan untuk mencari bantuan medis. Tak lama setelah tiba di unit gawat darurat, ia didiagnosis positif virus corona Covid-19 dan sinusitis.

Baca Juga: Ini Perbedaan Karakteristik Virus Corona Varian Delta dan Delta Plus

Meskipun ia sudah minum antibiotik dan obat lain untuk sinusitis, rasa sakit dan pembengkakan wajah memburuk. Pada waktu ia diperiksa oleh departemen Dokter Carvalho, pembengkakan itu telah menyebabkan matanya tertutup rapat.

Komentar