alexametrics

Tidur Miring Jadi Posisi Paling Aman bagi Ibu Hamil, Simak Penjelasan Dokter

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Tidur Miring Jadi Posisi Paling Aman bagi Ibu Hamil, Simak Penjelasan Dokter
Posisi tidur ibu hamil. (Shutterstock)

Berikut penjelasan ahli mengenai posisi tidur yang aman untuk ibu hamil.

Suara.com - Menemukan posisi tidur yang nyaman dapat menjadi tantangan  bagi ibu hamil. Sebab tonjolan di perut sering kali mengganggu Anda. 

Melansir dari Healthshots, jumlah tidur yang cukup untuk ibu hamil sangat penting karena ini dapat membantu perkembangan dan pertumbuhan bayi.

Di sisi lain, kurang tidur selama kehamilan dikaitkan dengan sejumlah komplikasi, termasuk preeklamsia atau tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, penting untuk menentukan posisi tidur yang aman dan nyaman. 

Selama trimester pertama, dianggap aman bagi seorang perempuan hamil untuk tidur dalam posisi apapun yang Anda rasa nyaman. Namun, ketika mencapai trimester kedua dan ketiga, Anda perlu berhati-hati dengan posisi tidur.

Baca Juga: Tidak Hanya Vaksin, Makanan Lokal Bisa Jadi Pilihan Ibu Menyusui Penuhi Nutrisi Saat Wabah

Menurut Dr Madhuri Burande Laha, konsultan dokter kandungan di Motherhood Hospital, Kharadi, posisi tidur miring (SOS) adalah posisi tidur terbaik selama kehamilan karena memberikan sirkulasi yang baik untuk Anda dan bayi Anda.

Saat bayi tumbuh, permepuan menjadi kurang nyaman untuk tidur tengkurap dan telentang. Jadi, pastikan untuk mulai fokus pada tidur miring.

Posisi tidur ibu hamil kembar (Pixabay/alessandraamendess)
Posisi tidur ibu hamil kembar (Pixabay/alessandraamendess)


"Tidur miring membantu mengurangi tekanan pada pembuluh darah dan organ integral. Tidur miring ke kiri membantu meningkatkan darah dan nutrisi, yang mencapai plasenta dan bayi Anda. Ini meningkatkan sirkulasi yang baik dan membantu mencegah pembengkakan, munculnya varises di kaki Anda, dan wasir," kata Dr Madhuri.

Usahakan agar kaki dan lutut tetap tertekuk dengan meletakkan bantal di antara kedua kaki untuk mengurangi tekanan pada punggung.

Bagi yang menderita sakit punggung dapat menggunakan posisi SOS dengan meletakkan bantal di bawah perut untuk meredakannya. 

Baca Juga: Hamil Muda dan Selalu Mual? Ini Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Menurut Dokter

Jika mengalami mulas saat tidur, Anda dapat mencoba menopang tubuh bagian atas dengan dukungan bantal.

Selama tahap terakhir kehamilan, beberapa perempuan dapat mengalami masalah pernapasan.  Seseorang dapat menghindari ini dengan berbaring miring.

Komentar