facebook

Ini Daftar Buah dengan Kadar Gula Tertinggi dan Terendah

Vania Rossa | Aflaha Rizal Bahtiar
Ini Daftar Buah dengan Kadar Gula Tertinggi dan Terendah
Ilustrasi buah-buahan. (Pixabay)

Terutama bagi Anda yang menderita diabetes, perlu tahu buah apa saja yang aman untuk dikonsumsi, dan mana yang harus dibatasi.

Suara.com - Buah-buahan adalah sumber energi, nutrisi, air, vitamin, serat, dan antioksidan yang sangat baik. Buah-buahan mengandung gula alami, yang sesungguhnya tidak berbahaya bagi tubuh. Meski begitu, terutama Anda penderita diabetes, perlu berhati-hati dengan kadar gula di dalam buah-buahan, karena itu tetap diperhitungkan dalam asupan kalori harian.

Berikut adalah daftar buah-buahan yang memiliki kadar gula tinggi dan harus dibatasi konsumsinya oleh penderita diabetes dan mereka yang tengah menurunkan berat badan, seperti dilansir dari Times of India.

Mangga
Mangga adalah favorit semua orang. Satu buah mangga berukuran sedang memiliki 45 gram gula. Jangan memilih mangga jika Anda sedang mencoba menurunkan berat badan atau mengurangi asupan gula Anda. Tapi, Anda masih bisa menikmati satu atau dua potong buah.

Anggur
Satu genggam anggur mengandung sekitar 23 gram gula. Anda dapat mengirisnya menjadi dua untuk mengkonsumsinya secara perlahan, dan ini jadi salah satu cara untuk mengonsumsi lebih sedikit gula. Anda juga dapat mengiris dan membekukan anggur untuk diolah menjadi smoothie, atau ditabur di atas oatmeal.

Baca Juga: Kenali Ragam Jenis Komplikasi Penyakit yang Berisiko Diidap Pasien Diabetes

Ceri
Satu genggam ceri memiliki sekitar 18 gram gula. Buah yang manis ini sering ditemui di aneka kue dan kudapan, sehingga Anda rentan mengonsumsinya berlebihan. Jika mau lebih sehat, konsumsilah ceri dalam bentuk segar.

Pir
Satu buah pir berukuran sedang mengandung sekitar 17 gram gula. Jika Anda mencoba untuk mengurangi gula, jangan sekligus habiskan satu buah pir. Cukup taruh beberapa iris buah pir di atas yoghurt rendah lemak atau di atas salad favorit.

Semangka
Satu iris semangka berukuran sedang memberi asupan 17 gram gula. Semangka sarat dengan air dan memiliki mineral khusus yang disebut elektrolit yang dibutuhkan tubuh. Jumlah terbaik untuk mengonsumsi semangka adalah dua iris berukuran sedang.

Pisang
Pisang adalah pembangkit energi. Satu buah pisang ukuran sedang mengandung 14 gram gula. Anda dapat mengiris setengah buah pisang untuk disantap bersama sereal saat sarapan.

Jika di atas adalah buah-buahan yang mengandung gula tinggi dan perlu dibatasi konsumsinya, berikut adalah daftar buah-buahan yang memiliki lebih sedikit gula.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh yang Sayang Apabila Dilewatkan

Alpukat
Satu buah alpukat utuh hanya mengandung 1,33 gram gula. Anda bisa memasukkannya ke dalam salad, mengoleskannya di atas roti panggang, atau menghancurkannya ke dalam smoothie. Tapi meski rendah gula, alpukat tinggi kalori.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar